Geger Ular Sanca 3 Meter Masuk Rumah Warga di Bogor
Ular Sanca Batik yang diamankan dari rumah warga di Cimahpar, Bogor, Kamis 9 April

Bagikan:

BOGOR - .Warga Cimahpar, Kota Bogor geger akibat Ular Sanca Batik sepanjang tiga meter masuk ke rumah warga pada Kamis 6 April pagi. Setelah beberapa jam Petugas Damkar Kota Bogor berhasil menangkap dan membawanya ke penangkaran

Ular sanca tersebut dilaporkan memasuki rumah warga sehingga membuat ketakutan. Fenomena ular sanca merambah ke pemukiman warga ini terjadi dalam sepekan terakhir ini.

Sebelumnya, satu ekor ular sanca tertangkap di Kelurahan Kedung Badak, kemudian di Kelurahan Ciparigi, dan Cimahpar dalam dua hari terakhir ini.

Petugas Pemadam Kebakaran Kota Bogor didatangkan mengevakuasi seekor ular sanca di rumah Ramdhani (55) warga RT 02/03 Kelurahan Cimahpar, Kota Bogor.

Petugas menyisir seluruh isi rumah untuk mencari keberadaan hewan melata yang sudah meresahkan warga ini.

Setelah melakukan pencarian, petugas akhirnya menemukan ular yang meresahkan tersebut di sebuah pokok rumah.

Petugas pun mengevakuasi ular tersebut ke markas Pemadam Kebakaran Kota Bogor.

"Kami mendapatkan laporan via telepon ada ular masuk ke rumah warga sekitar subuh tadi, kami segera turun dan berhasil menangkapnya," ungkap Kepala Bidang Kebakaran dan Penyelamatan Muhammad Aden Nugraha, Kamis 6 April siang.

"Iya belakangan ini banyak aduan penemuan ular sanca," lanjut Aden.

Menurutnya, kondisi ini terjadi karena Kota Bogor merupakan salah satu daerah endemik keberadaan ular Sanca.

Sementara itu, dari sisi musim saat ini terjadi peralihan antara musim penghujan menuju musim kemarau sehingga memicu hewan melata tersebut aktif mencari makan dan pasangan.

"Ular sanca ini kan daya adaptasinya bagus sekali sehingga bisa hidup di sekitar manusia. Secara otomatis ular ini akan mendekati rumah rumah untuk mencari mangsa," lanjutnya.