Alasan Pentingnya Menggunakan Tabir Surya Setiap Hari
Ilustrasi (Armin Rimoldi/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Dengan meningkatnya suhu dan musim panas yang sebentar lagi tiba, setiap orang harus menyadari betapa pentingnya memakai tabir surya. Manfaat tabir surya lebih dari sekadar melindungi kulit dari sinar matahari.

Selain itu, sangat penting menambahkan tabir surya yang direkomendasikan dokter kulit ke dalam perawatan kulit harian jika Anda melihat adanya bintik hitam atau bintik baru pada kulit untuk melindungi diri dari sinar UV yang merusak kulit.

Melansir Times of India, Jumat, 14 April, berikut uraian daftar manfaat menggunakan tabir surya.

Mencegah tanda-tanda penuaan dini

Paparan sinar matahari berulang dapat merusak elastin, kolagen, dan sel-sel kulit Anda jika hanya diberi sedikit atau tanpa perlindungan sama sekali. Tanda-tanda penuaan dini seperti perubahan warna kulit, garis-garis halus, kerutan, dan penampilan kulit wajah yang kasar pada akhirnya bisa diakibatkan oleh paparan sinar matahari berulang. Tanpa perlindungan dari sinar matahari, orang cenderung menua sebelum waktunya atau photoaging, terutama mereka yang berusia 20-an dan 30-an. Tetapi penggunaan tabir surya secara teratur dapat mengurangi photoaging dan mencegah tanda-tanda penuaan dini.

Mengurangi peradangan kulit

Saat terkena radiasi UV, epidermis bisa menjadi merah dan bengkak. Paparan langsung sinar UV yang merusak kulit memperburuk kondisi kulit seperti eksim dan rosacea dan dapat memperburuk kondisi tersebut. Aplikasi tabir surya secara teratur menurunkan kemungkinan peradangan yang disebabkan oleh sinar berbahaya ini. Jika Anda memiliki kulit sensitif yang cenderung kemerahan, cari tabir surya yang mengandung bahan kimia lembut seperti seng oksida atau titanium dioksida.

Menurunkan kemungkinan kanker kulit

Mengenakan tabir surya setiap hari, bahkan saat hujan atau hari berawan, adalah salah satu cara terbaik untuk menghindari kanker kulit. Statistik menunjukkan bahwa kanker kulit menjadi lebih umum di antara individu pada usia 70 tahun. Menggunakan tabir surya beberapa kali sehari, dengan SPF minimal 30 menurunkan risiko terkena penyakit ini. Untuk perlindungan lebih, Anda dapat menggunakan SPF yang lebih tinggi. Jika Anda berniat menghabiskan banyak waktu di luar atau melakukan aktivitas berbasis air, aplikasikan ulang tabir surya setiap dua jam sekali.

Mencegah Tanning

Tanning itu sehat. Namun, yang harus diwaspadai adalah saat Anda berjemur untuk mendapatkan kulit tanning, Anda berisiko terkena sinar UVB yang keras. Pilih tabir surya yang memiliki sun protection factor minimal 30 untuk mencegah tanning akibat UVB. Pastikan Anda mengoleskan kembali tabir surya setiap dua jam, terutama jika Anda memiliki kulit sensitif. Atau gunakan setelah berolahraga, karena keringat dapat menghilangkan lapisan pelindung.

Meningkatkan kesehatan kulit

Protein kulit yang penting, seperti kolagen, keratin, dan elastin, dilindungi oleh tabir surya. Protein ini diperlukan untuk menjaga kulit tetap halus dan sehat. Pastikan tabir surya Anda mengandung titanium dioksida untuk membantu memantulkan sinar UV dari kulit dan melindungi aktivitas protein ini.