Bikin Lega! Menhub Budi Karya Pastikan Tarif Batas Atas Tiket Pesawat Tak Naik
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan tarif batas atas (TBA) tiket pesawat tidak akan mengalami kenaikan. Budi mengatakan akan mengevaluasi soal TBA tiket pesawat tersebut.

“Kalau (TBA tiket pesawat) naik, enggak. Kalau turun, kita lihat komponen-komponennya,” katanya kepada wartawan, Selasa, 27 Desember.

Budi mengatakan TBA tiket pesawat ini dihitung berdasarkan sejumlah komponen. Salah satunya adalah situasi ekonomi dunia.

Lebih lanjut, Budi mengatakan, jika komponen-komponen yang digunakan untuk menghitung TBA tiket pesawat mengalami penurunan maka TBA tiket pesawat dapat dievaluasi.

“TBA itu angkanya bukan dari langit tapi kita menghitung komponen-komponen yang ada di situ. Kalau komponen-komponennya cenderung turun, TBA itu kita bisa evaluasi,” ucapnya.

“Ya TBA ini tetap bisa turun, tergantung dengan situasi ekonomi. Tapi kita tidak tahu juga ekonomi dunia tiba tiba feul-nya naik, kan juga susah,” sambungnya.

Sebelumnya, Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengharapkan agar TBA tiket pesawat bisa dinaikkan. Namun, dengan kondisi operasional saat ini maka bukan tidak mungkin TBA tiket pesawat dihapuskan.

“Kita harapkan TBA dilepas, hari ini kita disiplin ngikutin TBA tetapi kawan sebelah lewatin aja enggak ada apa-apa. Kalau enggak ada apa-apa, ya udah dibuka aja lah semuanya,” kata Irfan kepada wartawan, Senin, 26 Desember.