3.180 Petugas Bakal Kerja Keras Bersihkan Sampah Sisa Malam Tahun Baru di Jakarta Hingga Pukul 5 Pagi
Personel satuan tugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup DKI membersihkan sisa sampah setelah penyelenggaraan acara di Jakarta. (Antara- Aprilio Akbar)

Bagikan:

JAKARTA - Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta bakal menerjunkan 3.180 petugas kebersihan untuk membersihkan sisa sampah perayaan malam Tahun Baru 2023 yang digelar di sejumlah titik di Ibu Kota.

Para petugas akan membersihkan sampah sebelum perayaan dimulai 31 Desember 2022 pukul 20.00 WIB, dilanjutkan pada acara selesai 1 Januari 2023 pukul 02.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB.

"Dinas LH DKI menyiapkan 3.180 personel di 21 titik lokasi. Selain itu, kami juga menyiapkan toilet mobile dan menyiapkan angkutan sampah serta street sweeper," kata Humas Dinas LH DKI Yogi Ikhwan dalam keterangannya, Sabtu, 24 Desember.

Pada perayaan Malam Muda Mudi Semarak Jakarta di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan MH Thamrin, akan ada 820 personel yang membersihkan kawasan tersebut.

Di kawasan Sudirman-Thamrin, akan ada gelaran 7 panggung musik yang tersebar di sepanjang jalan protokol tersebut.

"Sarana dan prasarana yang disiapkan yakni 9 unit angkutan sampah, 20 unit sweeper, 7 unit bus toilet, sapu dan karung, serta dust bin," ungkap Yogi.

Pemprov DKI Jakarta juga menggelar festival malam Tahun Baru tingkat provinsi di Panggung Budaya Archipelago Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur. Petugas kebersihan yang diterjunkan sebanyak 600 personel.

"Sarana dan prasarana yang disiapkan yakni 4 unit angkutan sampah, 10 bus toilet, dan sweeper 4 unit," tuturnya.

Kemudian, lebih dari seribu petugas kebersihan lainnya akan membersihkan sampah pada perayaan malam Tahun Baru 2023 di tingkat kota, yakni sejumlah ruang publik yang berpotensi dikunjungi banyak masyarakat.

Adapun perayaan di tingkat kota yakni Thamrin 10 di Jakarta Pusat, Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Kantor Wali Kota Jakarta Barat, Setu Babakan di Jakarta Selatan, Old Shanghai di Jakarta Timur, dan Pulau Untung Jawa di Kepulauan Seribu.

Kemudian, Dinas LH DKI juga menerjunkan 820 petugas kebersihan untuk menangani sampah di tempat wisata, yakni Kota Tua, Pantai Ancol, Taman Margasatwa Ragunan, PBB Setu Babakan, TMII, dan Monumen Nasional.