Pantai Kuta Bali Dipenuhi Sampah Kiriman Lagi, Totalnya 50 Ton
Proses pembersihan sampah di Pantai Kuta Badung Bali (IST)

Bagikan:

BADUNG - Sampah kiriman kembali menyerbu Pantai Kuta, di Kabupaten Badung, Bali. Totalnya mencapai 50 ton sampah organik dan non organik. 

"Tadi pagi sudah kita bersihkan dan besok juga tidak tahu juga (ada lagi apa tidak)," kata Gede Dwipayana selaku Koordinator Unit Reaksi Cepat DLHK Badung saat dihubungi, Senin, 22 Maret.

Sampah-sampah kiriman itu mulai dari ranting kayu hingga plastik. Kiriman sampah  terjadi pada Sabtu, 20 Maret hingga Minggu, 21 Maret.

"Kalau tadi tidak ada muncul tapi masih dibersihkan sisa sampah hari Sabtu dan Minggu itu. Sekitar 25 truk (total) 50 ton, satu truk itu 2 ton," imbuhnya.

Proses pembersihan sampah di Pantai Kuta Badung Bali (IST)

Sampah-sampah tersebut berhasil dibersihkan oleh petugas dan relawan. Pembersihan dilakukan petugas DLHK Badung dan sejumlah komunitas.

"Kalau sampahnya campuran, 60 persen organik dan non organik 40 persen," jelasnya.

Sampah kiriman disebut datang dari sungai di kawasan tersebut. Sampah ini terbawa ombak hingga berserakan di tepi Pantai Kuta.

"Kalau normalnya biasanya di Bulan April. Tapi ini sudah tidak bisa di prediksi karena sudah jauh berubah. Tapi ini sudah mulai menurun intensitas daripada Desember (2020) lalu. Kemungkinan dari sungai, iya karena dibawa angin barat berembus ke timur," ujar Dwipayana.