Sampah Kayu yang Dibersihkan dari Pantai Kuta Capai 50 Ton
Pembersihan. area pantai dari sampah didominasi kayu/DLHK Badung

Bagikan:

BADUNG - Pembersihan sampah di Pantai Kuta, Kabupaten Badung, Bali dilakukan sejak Kamis (27/10). Diperkirakan sampah yang didominasi batang dan ranting kayu mencapai sekitar 50 ton.

"Sudah kemarin (dibersihkan). Kalau yang kemarin, kita bagi tenaga itu sekitar 80 personel diturunkan di Pantai Kuta. Kalau di Kuta saja itu mungkin sekitar 20 sampai 40 truk, atau  40 sampai 50 ton sampah," kata Koordinator Deteksi Evakuasi Sampah Laut (Desalut) Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Badung, I Made Gede Dwipayana, Jumat, 28 Oktober.

Kondisi Pantai Kuta sudah mulai bersih dari hamparan sampah didominasi batangkau. Tapi Dwipayana menyebut sampah kiriman tetap datang meski dalam jumlah sedikit.

Pembersihan. area pantai dari sampah didominasi kayu/DLHK Badung

Selain di Pantai Kuta, pembersihan sampah juga dilakukan di Pantai Seminyak dan Legian. “Kebetulan tadi pengangkut di Seminyak hari ini, itu terangkut sekitar 12 truk atau 25 ton," jelasnya.

Sampah kiriman ini berasal dari kawasan Kuta juga kiriman karena angin barat atau dari luar Bali. Banyak balok kayu yang terdampar di tepi pantai.