Bagikan:

JAKARTA - Tumpukan sampah sisa pergantian malam tahun baru di wilayah Jakarta Pusat selesai dibersihkan ratusan petugas kebersihan Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH) Jakarta Pusat pada Minggu, 1 Januari.

"Penanganan sampah pada perayaan tahun baru di wilayah Jakarta Pusat mencapai 20 ton volume sampah," kata Plt Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup (Kasudin LH) Jakarta Pusat, Edy Mulyanto saat dikonfirmasi VOI, Minggu, 1 Januari.

Setelah dibersihkan, sampah-sampah tersebut kemudian dikumpulkan dan diangkut menggunakan truk milik Sudin Kebersihan.

"Truk yang dikerahkan untuk pengangkutan sampah sebanyak 5 unit. Jumlah personel yang dikerahkan 475 orang untuk membersihkan sampah pasca tahun baru," ujarnya.

Selain mengerahkan truk pengangkut sampah, petugas juga menerjunkan mobil penyapu jalan aspal.

"Sebanyak 10 unit mobil sweeper juga dikerahkan ke titik keramaian massa untuk membersihkan jalan dari sampah yang menempel," ucapnya.

Dari 20 ton sampah yang dikumpulkan petugas kebersihan, kemudian sampah menjalani proses pemilahan di bank sampah sebelum dilakukan pembuatan di tempat pembuangan sampah terpadu (TPST) Bantar Gebang.

"Sebanyak 8 ton sampah dikelola bank sampah, sedangkan 12 ton dibuang ke tempat pemrosesan akhir (TPA) di TPST Bantar Gebang," ujarnya.