Korlantas Polri Prediksi 1 Januari 2023 Jadi Puncak Arus Balik Libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023
Ilustrasi pesta kembang api saat perayaan pergantian malam Tahun Baru 2023 di DKI Jakarta. (Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Korlantas Polri memprediksi arus balik momen libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 akan terjadi pada Minggu, 1 Januari. Skema rekayasa lalu lintas telah dipersiapkan kepolisian mengantisipasi kepadatan di ruas arteri hingga tol.

"Nanti kita antisipasi untuk kembalinya, kemungkinan serentak untuk tanggal 1 [Januari] nantinya," ujar Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Aan Suhanan kepada wartawan, Sabtu, 24 Desember.

Skema rekayasa lalu lintas untuk memecah potensi kepadatan volume kendaraan pada arus balik libur akhir tahun ini yang telah disiapkan kepolisian salah satunya contra flow.

Sementara untuk arus mudik libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 diprediksi terjadi pada 23 dan 24 Desember 2022. Namun, sampai saat ini belum terjadi peningkatan mobilitas kendaraan yang signifikan.

Berdasarkan hasil pemantauan, memang sempat terjadi peningkatan jumlah kendaraan yang keluar dari wilayah Jabodetabek ke arah Barat ataupun Timur pada pukul 17.00 WIB, Jumat 23 Desember.

Namun, seiring berjalannya waktu jumlah kendaraan yang melintas semakin sedikit. Sehingga, dianggap belum perlu menerapkan rekayasa lalu lintas.

"Tapi tadi malam sampai dini hari tidak terjadi, bangkitan yang signifikan. Mungkin hari ini, kta tetap akan mengantisipasi," kata Aan