Puncak Arus Balik Libur Tahun Baru 2024, Contra Flow Hingga One Way Pukul 18.30 WIB
Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menerapkan rekayasa lalu lintas contra flow (foto: dok. istimewa)

Bagikan:

JAKARTA - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menerapkan rekayasa lalu lintas contra flow atau lawan arus guna mengurai kemacetan saat puncak arus balik libur Tahun Baru 2024.

Kabag Ops Korlantas Polri Kombes, Eddy Djunaedi, menyebut skema ini diterapakan karena sudah mulai terjadi penumpukan kendaraan.

"Contra flow KM 188 sampai dengan KM 72. Kemudian, KM 72 sampai KM 47 contra flow dua lajur," ujar Eddy saat dihubungi, Senin, 1 Januari.

Rekayasa lalu lintas contra flow tak hanya hingga KM 47 atau yang tepatnya berada tepat di titik selesainya Jalan Layang Sheikh MBZ (Mohamed Bin Zayed). Sebab, akan diteruskan hingga KM 36.

"Seterusnya atau di KM 47 sampai KM 36 diterapkan contra flow 1 lajur," ungkapnya.

Bahkan, rencananya akan diterapkan skema one way pada sekitar pukul 18.30 WIB. Alasannya, jumlah kendaraan yang melewati ruas tol Cikampek semakin banyak.

"Sekarang sedang pembersihan. Diperkirakan pukul 18.30 WIB dibuka one way-nya," kata Eddy.

Kementerian Perhubungan memprediksi puncak arus balik libur tahun baru akan terjadi pada 1 dan 2 Januari 2024.

Hal ini diperkuat dengan data dari PT Jasa Marga (Persero) Tbk, yang memproyeksikan kendaraan yang akan kembali ke Jabotabek mencapai 140 ribu kendaraan atau naik 28 persen dari puncak arus mudik Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 yakni 110 ribu kendaraan.

Mayoritas kendaraan yang akan melakukan perjalanan balik berasal dari arah Timur yaitu arah Trans Jawa.