Gibran Rakabuming Raka Resmi Diusung PDIP Jadi Calon Wali Kota Solo
Calon Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (Wardhany Tsa Tsia/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - PDI Perjuangan resmi mengusung putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka sebagai calon Wali Kota Solo di Pilkada 2020 yang akan digelar pada 9 Desember mendatang. Dalam pilkada tersebut dia akan berpasangan dengan Teguh Prakosa.

Keputusan itu dibacakan oleh Ketua DPP PDIP Puan Maharani dalam Pengumuman Tahap II 45 Calon Kepala Daerah Pilkada Serentak.

"Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka dengan Teguh Prakosa," kata Puan saat membacakan keputusan tersebut.

Gibran adalah putra sulung dari Presiden Jokowi, yang dulunya juga pernah menjabat sebagai Wali Kota Solo selama dua periode.

Melalui telekonferensi, Gibran mengaku bersyukur karena telah mendapatkan rekomendasi untuk maju di Pilwalkot 2020 dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. 

"Rekomendasi ini bagi saya adalah suatu kehormatan sekaligus tanggung jawab untuk bisa memenangkan kontestasi Pilkada Kota Surakarta 2020," kata Gibran.

Setelah mendapatkan rekomendasi dari partai, dia akan segera melaksanakan komunikasi intensif, koordinasi, dan konsolidasi di internal jajaran pengurus ranting, anak cabang, hingga DPC PDI Perjuangan Kota Solo bersama pasangannya.

"Dan mengikuti arahan Bapak Ketua DPC FX Hadi Rudiatmo," ungkapnya.

Lebih lanjut, Gibran mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Ketua DPC Kota Solo sekaligus Wali Kota Solo FX Hadi Rudiatmo dan Ketua DPD PDIP Bambang Wuryanto karena telah mengarahkannya selama menjalani proses penjaringan sebagai calon Wali Kota Solo.

Dia berharap dengan diberikannya rekomendasi dirinya untuk maju di Pilwalkot Solo bersama Teguh Prakosa bisa menjadi momentum untuk melakukan konsolidasi dan pemenangan PDI Perjuangan. Sehingga kader terbaik yang dimiliki partai berlambang banteng tersebut bisa kembali memimpin Kota Solo.

"Marilah kita semua menjadikan pilkada kali ini tidak hanya sebagai sebuah proses politik demokrasi tapi juga sebagai ajang gotong royong untuk masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19," pungkasnya.