Bagikan:

JAKARTA - Wakil Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem DKI Jakarta Hasan Basri Umar mengaku dirinya mendapat informasi bahwa Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dipersiapkan olah PDIP untuk maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah.

Hal ini berbeda dari proses politik pada Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP DKI Jakarta yang telah Gibran sebagai salah satu bakal calon yang akan diusung dalam Pilgub DKI Jakarta.

"Menurut informasi yang diterima, Gibran itu dipersiapkan (PDIP) untuk Jawa Tengah," kata Hasan kepada wartawan, Kamis, 9 Februari.

Hasan menyebut, Gibran dianggap belum mampu bersaing pada kontestasi politik di Jakarta. Lagipula, dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tahun 2024, sang ayah, Joko Widodo akan mengakhiri jabatannya sebagai presiden.

"Kalau masuk Jakarta kan diperhitungkan, khawatirnya tidak berhasil karena Pilkada itu kan masih Oktober. Sementara Pilpres kan Februari, ketika bapak nya (Jokowi) sudah tidak berkuasa. Banyak orang ngomong seperti itu," ucap Hasan.

Sementara itu, lanjut Hasan, NasDem telah memiliki dua kader yang akan diusung dalam Pilgub DKI. Mereka adalah Bendahara DPP NasDem Ahmad Sahroni dan Sekretaris DPW NasDem DKI Wibi Andrino.

"Nama yang sudah beredar di internal itu salah satunya adalah Ahmad Sahroni dan termasuk Wibi Andrino. Meski secara resmi belum diumumkan, tapi kader-kader NasDem DKI sudah banyak mulai menjagokan mereka," ucap Hasan.

Sebelumnya, Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP DKI Jakarta Gembong Warsono mengaku partainya telah membahas sejumlah nama untuk diusung dalam Pilkada DKI tahun 2024.

Tokoh tersebut diambil dari para kepala daerah yang dianggap PDIP berhasil menjalankan tugasnya. Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI ini pun membeberkan nama tokoh tersebut, salah satunya adalah Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

"Dalam diskusi internal partai, kita sudah mendiskusikan beberapa kepala daerah yang kita anggap berhasil memimpin daerahnya. Salah satunya adalah Mas Gibran," kata Gembong di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin, 6 Februari.

Tak hanya nama Gibran yang masuk radar pembahasan tokoh potensial untuk diusung Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2024 oleh partai berlambang banteng tersebut. Gembong bilang, nama lain juga dibahas.

Mereka adalah mantan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Mantan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi (Hendi), hingga mantan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.