Soal Laik dan Tidaknya Gibran Maju di Pilgub 2024, PKS Sebut Berada di Tangan Rakyat
Sekjen Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Habib Aboe Bakar Alhabsyi (Foto via Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) merespons pernyataan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming yang siap maju ke Pilgub 2024 jika ditugaskan oleh PDIP.

Sekjen DPP PKS Aboe Bakar Al-Habsyi, mengatakan Gibran berhak untuk mengikuti kontestasi Pilkada 2024, baik di Jawa Tengah maupun di DKI Jakarta, sebagaimana isu yang beredar. 

Namun soal kelayakannya maju Pilkada Jateng atau Pilkada DKI, menurut Aboe, rakyat yang menilai dan memilih. Dia pun mempersilakan putra sulung Presiden Joko Widodo itu untuk ikut bertarung dalam kontestasi pilgub. 

"Bagus aja, positif-positif aja, orang mau maju kenapa sih? Artinya setiap orang berhak menyatakan dirinya siap maju. Soal nanti, rakyat sendiri yang menyatakan layak atau tidak," ujar Aboe Bakar kepada wartawan, Jumat, 20 Januari.

Kendati demikian, Aboe tak mau mengomentari lebih jauh terkait peluang Gibran di Pilgub Jateng dan Pilgub DKI Jakarta. Dia menegaskan, PKS punya calonnya sendiri untuk diajukan di dua daerah tersebut. 

"PKS pasti ada pembicaraannya dan ada pencalonan sendiri," tegas Aboe.  

Sebelumnya, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, mengaku siap jika ditugaskan oleh Ketua PDIP Megawati Soekarnoputri untuk maju dalam Pilgub 2024. Meskipun, dia menegaskan tak berambisi ikut dalam kontestasi pemilihan kepada daerah tingkat provinsi itu. 

"Saya siap, kalau ada penugasan. Itu bukan berarti aku mau nyagub (mencalonkan diri sebagai gubernur), enggak. Saya nunggu perintah," ujar Gibran di Solo Safari, Jumat, 20 Januari. 

"Nyagup kui opo to. Fokus di Solo dulu, nantilah" imbuhnya.