New South Wales Catat Kasus Harian Terendah, Victoria Malah Catat Rekor Infeksi COVID-19
Perdana Menteri Negara Bagian New South Wales Gladys Berejiklian. (Twitter/@GladysB)

Bagikan:

JAKARTA - Negara Bagian New South Wales, Australia pada Hari Senin melaporkan kenaikan terendah dalam kasus COVID-19 harian, seiring dengan peningkatan vaksinasi COVID-19, diikuti dengan pelonggaran beberapa pembatasan penguncian.

Perdana Menteri New South Wales Gladys Berejiklian mengatakan, 935 kasus baru telah terdeteksi di negara bagian yang dipimpinnya, penghitungan harian terendah sejak 27 Agustus, dan turun dari 1.083 pada Hari Minggu. Sementara, untuk kematian baru dilaporkan terdapat empat kasus.

"Kami merasa lebih positif daripada yang kami miliki dalam beberapa minggu, tetapi saya tidak ingin ada di antara kami yang duduk dan berpikir yang terburuk ada di belakang kami," kata Berejiklian kepada wartawan di Sydney, memperingatkan lebih banyak kematian di hari-hari ke depan, mengutip Reuters 20 September.

"Karena kami telah melihat akumulasi begitu banyak kasus, kami tahu bahwa Oktober akan menjadi sangat menantang bagi sistem rumah sakit kami," lanjut PM Berejiklian.

Hampir setengah dari 25 juta populasi Australia berada di bawah penguncian ketat, setelah varian Delta menyebar dengan cepat di Sydney dan Melbourne, memaksa untuk meninggalkan target nol COVID dan beralih ke peningkatan vaksinasi untuk mengurangi pembatasan.

Seiring dengan peningkatan program vaksinasi COVID-19, New South Wales mencatat 53 persen populasi orang dewasanya telah menerima vaksinasi penuh, diikuti dengan pelonggaran beberapa pembatasan mulai hari ini. Batas waktu untuk latihan di luar ruangan juga dicabut, sementara mereka yang sudah divaksinasi lengkap dapat berkumpul di luar dalam kelompok lima orang.

Berbanding terbalik dengan Sydney, Negara Bagian Victoria mencatat kenakian harian terbesar tahun ini, dengan 567 kasus dilaporkan serta satu kematian baru. Kemarin, Victoria menargetkan 70 persen populasinya telah divaksinasi yang diperkirakan tercapai pada 26 Oktober mendatang, sebelum pembukaan kembali.

Sejauh ini, 44 persen orang di negara bagian tersebut telah menerima vaksinasi COVID-19 lengkap, berada di bawah rata-rata nasional yang sudah mencapai 47 persen.

Untuk diketahui, hingga saat ini total Australia mencatat 87.134 kasus infeksi COVID-19, dengan 1.167 kematian dan 63.378 pasien sembuh sejak pandemi dimulai melansir Worldometers.