Australia Catat Peningkatan Vaksinasi COVID-19, Negara Bagian Victoria Malah Catat Rekor Kasus Infeksi Harian
Ilustrasi kawasan Prahran, Victoria. (Wikimedia Commons/Mat Connolley)

Bagikan:

JAKARTA - Negara Bagian Victoria, Australia melaporkan kenaikan kasus harian COVID-19 tahun ini pada Kamis, di tengah lonjakan vaksinasi COVID-19 dengan hampir 70 persen populasi dewasa telah menerima dosis pertama vaksin COVID-19.

Victoria yang menjadi rumah bagi Melbourne, mencatat 514 kasus infeksi baru, melebihi rekor harian tertinggi sebelumnya, 473 kasus infeksi yang terjadi Senin lalu.

Di bawah rencana pembukaan kembali yang diumumkan pada Bulan Juli, pemerintah federal akan mendesak negara bagian dan teritori untuk mulai hidup dengan virus, setelah target tinggi vaksinasi tersebut tercapai.

"Dosis ganda 70 persen dan tanda dosis ganda 80 persen itu sudah terlihat. Lanjutkan Australia," kata Perdana Menteri Scott Morrison saat konferensi pers di Canberra.

Hingga saat ini, sekitar 44 persen orang Australia di atas usia 16 tahun telah divaksinasi COVID-19 lengkap. Sementara, sekitar 69 penduduk pada kategori tersebut telah menerima setidaknya satu dosis vaksin.

Ada pun di Victoria, cakupan dosis pertama akan mencapai 70 persen pada Hari Jumat, kata para pejabat, ketika beberapa pembatasan perjalanan dan olahraga di luar ruangan di Melbourne akan dilonggarkan.

Sementara, Sydney dan Melbourne, dua kota terbesar di Australia, telah meningkatkan upaya vaksinasi COVID-19, untuk menahan gelombang infeksi ketiga COVID-19 yang dipicu oleh varian Delta, memaksa separuh dari total 25 juta populasi negara itu berada di bawah perintah penguncian di rumah yang ketat.

Otoritas New South Wales, jantung wabah virus corona terburuk di Australia, meminta penduduknya untuk segera mendapatkan mendapatkan vaksin COVID-19, setelah 12 kasus kematian baru akibat COVID-19 dilaporkan, dengan 10 di antaranya tidak divaksinasi.

Kasus infeksi di negara bagian ini tercatat sebanyak 1.351, naik dari 1.259 kasus yang tercatat sehari sebelumnya, dengan ibu kota Sydney mencatat mayoritas kasus infeksi.

Jam malam yang sempat diberlakukan secara ketat di 12 daerah pinggiran barat Sydney yang terdampak parah, untuk menahan penyebaran COVID-19 varian Delta, telah berakhir Rabu tengah malam, seiring dengan peningkatan vaksinasi COVID-19.

Sementara, lima juta penduduk Melbourne masih harus berada di bawah penguncian untuk pekan keenam, yang paling banyak dibandung kota Australia mana pun sejak pandemi dimulai tahun lalu.

Untuk diketahui, warga Melbourne berencana untuk menggelar protes anti-lockdown selama akhir pekan ini. Sementara, pihak berwenang berusaha mencegahnya dengan menghentikan transportasi umum dan mengerahkan ribuan polisi.