Italia Catat Suhu Terpanas, Paus Fransiskus Kirim 15 Ribu Es Krim untuk Narapidana di Dua Penjara
Paus Fransiskus. (Wikimedia Commons/Xonn)

Bagikan:

JAKARTA - Paus Fransiskus kembali menebar kasihnya, saat belasan ribu es krim dikirimkannya ke dua penjara di Roma, di tengah musim panas yang menyengat di Italia.

Mengutip Reuters 8 September, Vatikan menyebut Paus Fransiskus mengirim sekitar 15 ribu es krim untuk narapidana yang tengah menjalani hukuman di dua penjara di Kota Roma, Italia.

Kantor amal Paus dalam pernyataannya menyebut, belasan ribu es krim tersebut dikirim ke penjara tua Regina Coeli yang terletak di sisi Sungai Tiber di tengah Kota Roma. Serta penjara Rebibbia yang lebih moderen di pinggiran kota.

Es krim tersebut dikirim atas nama Paus Fransiskus oleh Kardinal Polandia Konrad Krajewski yang dikenal sebagai 'Almoner' atau orang yang membagikan sedekah kepada orang miskin.

Musim panas kali ini menjadi berbeda buat Italia, di mana Negeri Pizza mencatat salah satu rekor terpanas saat salah satu kota di Sisilia melaporkan suhu di sana mencapai 49 derajat Celcius pada Agustus lalu.

Ini bukan kali pertama Paus Fransiskus mengawali masa Kepausan pada 13 Maret 2013 ini membagikan es krim. Di tahun 2018 lalu, tepatnya Senin 23 April saat Paus Fransiskus membagikan 3.000 porsi es krim.

es krim
Ilustrasi es krim. (Wikimedia Commons/Maksym Kozlenko)

Melalui kantor amalnya, Paus Fransiskus mengirim es krim tersebut kepada para tunawisma dan orang-orang yang membutuhkan tempat penampungan, dapur umum, fasilitas kesehatan dan pemandian untuk para tunawisma di Roma, Italia.

Paus Fransiskus yang mengasihi tunawaisma dan orang miskin juga sempat memeringati Hari Orang Miskin Sedunia yang pertama pada tahun 2017 lalu, dengan mengadakan misa khusus bersama 7.000 orang miskin di Lapangan Santo Petrus, dilanjutkan mentraktir mereka makan siang gourmet di Vatikan dan universitas-universitas Kepausan di Roma.

Adakah Paus Fransiskus juga menggemari es krim atau gelato? Rasa apa yang disukainya? Jawabannya tentu saja Paus juga menyukai es krim. Melansir National Catholic Reporter 14 Agustus 2020, rasa kesukaan Paus Fransiskus pun terungkap.

Dalam wawancara dengan stasiun radio R101, pemilik gerai es krim di Pantai Adriatik Italia, Maria Grazia Magrini mengirim paket es krim pilihan untuk Vatikan dengan tiga rasa paling populer, custard, vanila dan kopi. Paus Fransiskus pun menghubunginya dan berterima kasih atas kiriman tersebut.

"Terima kasih telah memikirkan saya. Gelato Anda benar-benar enak," ujar Paus Fransiskus seperti ditirukan oleh Magrini. Berbicara selama 15 menit, Magrini tidak ingin mengungkapkan panjan lebar percakapn mereka. Namun, di antara es krim yang dikirim, Paus Fransiskus disebutnya memiliki rasa favorit, kopi.