'Selingkuh' dengan Simpanse, Wanita Ini Dilarang Berkunjung oleh Kebun Binatang di Belgia
Ilustrasi simpanse. (Wikimedia Commons/Chi King)

Bagikan:

JAKARTA - Seorang wanita di Belgia dilaporkan telah dilarang mengunjungi simpanse di kebun binatang, setempat setelah mengembangkan ikatan dekat dengan salah satu dari mereka. Menurut pejabat kebun binatang, 'perselingkuhannya' dengan primata itu mencegah simpanse tersebut bersosialisasi dengan kawanannya, lapor ATV.

Mengutip Newsweek 23 Agustus, beberapa outlet melaporkan wanita bernama Adie Timmermans telah mengunjungi Chita, simpanse berusia 38 tahun di Kebun Binatang Antwerpen, setiap minggu selama empat tahun terakhir. Pada saat itu, Timmermans mengklaim bahwa dia dan Chita telah menjalin persahabatan yang kuat.

"Saya suka hewan itu dan dia mencintai saya," kata Timmermans dalam sebuah wawancara dengan ATV, menurut LadBible.

Hubungan Timmermans dengan Chita dilaporkan dalam bentuk interaksi lambaian dan meniup ciuman satu sama lain melalui kaca. Di permukaan, interaksi tampaknya tidak berbahaya. Namun petugas kebun binatang mengatakan, persahabatan mereka terbukti merusak status sosial Chita dengan simpanse lainnya.

"Ketika Chita terus-menerus dikelilingi oleh pengunjung, monyet-monyet lain mengabaikannya dan tidak menganggapnya bagian dari kelompok, meskipun itu penting baginya," kata juru bicara kebun binatang kepada ATV.

simpanse
Ilustrasi simpanse. (Wikimedia Commons/Thomas Lersch)

"Dia kemudian duduk sendiri di luar jam berkunjung," sambung juru bicara tersebut menggambarkan kondisi Chita yang terpisah dari kawanan simpanse lainnya jika tidak ada pengunjung.

Dalam upaya untuk mempromosikan kesejahteraan sosial Chita, kebun binatang diduga melarang Timmermans mengunjunginya.

"Saya tidak punya apa-apa lagi. Mengapa mereka ingin mengambilnya?" dia bertanya dalam wawancaranya dengan ATV.

"Kami 'berselingkuh', saya hanya akan mengatakan. Puluhan pengunjung lainnya diizinkan untuk melakukan kontak. Lalu mengapa saya tidak?" herannya.

Kebun binatang menjelaskan, Chita mungkin terlalu fokus pada Timmermans untuk terikat dengan rekan-rekannya.

"Hewan yang terlalu fokus pada manusia kurang dihormati oleh rekan-rekannya. Kami ingin Chita menjadi simpanse sejati seperti kawanannya," sebut pihak kebun binatang.

simpanse
Ilustrasi simpanse. (Wikimedia Commons/Herusutimbul)

Sementara, LadBible melaporkan, Chita telah menghabiskan 30 tahun di kebun binatang. Sarah Lafaut, kurator di Kebun Binatang Antwerpen, Belgia sebelum waktunya di kebun binatang, Chita adalah hewan peliharaan seseorang, tetapi akhirnya menjadi 'tidak terkendali'. Meskipun dia mempelajari perilaku simpanse di kebun binatang, dia masih memiliki ikatan dan ketertarikan pada manusia. Yang, tampaknya, tidak pernah terdengar.

Sebuah studi tahun 2014 yang dilakukan oleh Stephen Ross dan Hani Freedman menunjukkan, simpanse yang telah dipisahkan dari induknya lebih awal dan dibesarkan terutama oleh manusia, menunjukkan 'kekurangan sosial' bertahun-tahun kemudian.

"Perawatan adalah perekat yang menyatukan masyarakat simpanse," kata Ross kepada Wired pada tahun 2014.

"Kami menemukan, simpanse yang sering berada di sekitar manusia di awal kehidupan cenderung tidak melakukan banyak perilaku ini, bahkan jauh kemudian, setelah mereka belajar untuk hidup. dengan simpanse lain. Mereka hanya tidak pandai mempertahankan ikatan sosial ini, dan itu diekspresikan oleh tingkat perawatan yang lebih rendah ini," paparnya.

Sayangnya, Chita mungkin perlu berjuang untuk menjalin ikatan dengan teman-temannya. Semoga pawang di kebun binatang bisa membantunya belajar beradaptasi dengan kehidupan dengan sesama primata.