Diduga Diambil saat Masih Berupa Telur, Seekor Buaya Dikembalikan ke Kebun Binatang: Pemiliknya Dikenai Denda
Ilustrasi buaya. (Unsplash/Maren Pauly)

Bagikan:

JAKARTA - Seekor buaya hampir 8 kaki yang diduga diambil dari kebun binatang Texas hampir 20 tahun yang lalu sebagai telur atau tukik, dikembalikan ke fasilitas tersebut setelah terlihat hidup secara ilegal di halaman belakang sebuah rumah di dekat Austin, Amerika Serikat kata para pejabat.

Penyelidik berada di sebuah properti di pedesaan Caldwell County untuk insiden terpisah, ketika mereka melihat buaya di dalam kandang, kata juru bicara Texas Game Wardens Jen Shugert, Senin.

Seorang wanita di properti itu mengatakan kepada penyelidik, dia telah mengambil telur buaya hampir 20 tahun yang lalu ketika dia menjadi sukarelawan di kebun binatang, menurut Shugert.

"Meskipun ada habitat di halaman belakang untuk aligator, ia telah melampaui kandangnya karena panjangnya hampir 8 kaki," kata Shugert seperti melansir CNN 7 Maret.

Setelah petugas satwa liar menemukan wanita itu tidak dapat memenuhi persyaratan untuk izin yang tepat untuk memelihara buaya, kru pergi ke kawasan tempat tinggal wanita itu, menangkap buaya dan membawanya ke Animal World & Snake Farm Zoo, rumah aslinya, menurut kebun binatang.

Kebun binatang - yang terletak di New Braunfels, kurang dari 30 mil timur laut San Antonio - mengunggah video pada Hari Jumat tentang reptil besar yang dibawa dari truk, melalui fasilitas dan masuk ke kandang bersama buaya lainnya.

"Kami mendapat telepon dari Texas Parks and Wildlife Department, tentang buaya yang tampaknya dimiliki seseorang selama lebih dari 20 tahun," kata seorang karyawan kebun binatang dalam video tersebut.

"Jelas, mereka sebenarnya menjadi sukarelawan di sini, di Animal World & Snake Farm, dulu dan tampaknya mengambil buaya, baik sebagai telur atau tukik, dan benar-benar memelihara hewan ini setidaknya selama 20 tahun sekarang," sambungnya.

Buaya itu sekarang akan menjalani sisa hidupnya di kebun binatang, kata karyawan itu dalam video.

Wanita itu dikenai dua pelanggaran ringan,kepemilikan telur aligator secara ilegal dan kepemilikan aligator tanpa izin yang tepat, kata Shugert. Masing-masing dikenakan denda hingga 500 dolar AS.

"Buaya bukan hewan peliharaan yang baik, kalian semua," kata Departemen Taman dan Margasatwa Texas dalam sebuah unggahan Instagram pada Hari Jumat tentang relokasi reptil ke kebun binatang.