Bagikan:

YOGYAKARTA – Salah satu hal yang disorot dalam kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia adalah kesederhanaan pemimpin umat Katolik seluruh dunia itu. Melihat sisi lain, berapa kekayaan Paus Fransiskus?

Meski menyandang status sebagai Kepala Negara Vatikan, Paus Fransiskus dikenal sebagai sosok yang sangat sederhana dan rendah hati. Kesederhanaan ini terlihat dalam lawatannya ke Indonesia, khususnya di hari pertama ia mendarat di Jakarta.

Paus Fransiskus memilih menumpang pesawat komersial, Alitalia, maskapai penerbangan nasional Italia yang kini diambil alih oleh Ita Airways, alih-alih menggunakan jet pribadi.

Selain itu, Paus juga memilih menggunakan mobil biasa selama berada di Indonesia. ia tidak mau menggunakan mobil mewah maupun mobil antipeluru.

Ketika tiba di Bandara International Soekarno-Hatta pada Selasa, 3 September 2024, ia terlihat dijemput oleh mobil Innova Zenix warna putih dengan plat nomor SCV1.

Kesederhanaan yang ditunjukkan Paus Fransiskus membuat banyak orang berdecak kagum. Tak sedikit pula yang ingin mengetahui kekayaan Kepala Negara Vatikan itu.  

Kekayaan Paus Fransiskus

Dihimpun dari berbagai sumber, kekayaan Paus Fransiskus ternyata tidak sebesar yang dibayangkan banyak orang.

Selama menjabat sebagai Kepala Negara Vatikan dan Pemimpin Gereja Katolik Sedunia, Paus Fransiskus menolak gaji hingga kemewahan yang ditawarkan.

Menyadur Marca, Paus Fransiskus merupakan seseorang yang berpegang teguh dengan filosifi Jesuit. Oleh sebab itu, tidak heran jika Paus selalu bersikap rendah hati dan sederhana.

Kendati demikian, Paus Fransiskus tetap mempunyai banyak aset dari pekerjaannya. Saat itu, kekayaan Paus Fransiskus diperkirakan mencapai 16 juta dolar AS atau setara Rp248,42 miliar. Jumlah tersebut berasal dari seluruh aset yang didapatkannya semenjak menjabat sebagai petinggi Gereja Katolik.

Paus Fransiskus juga diketahui mempunyai lima mobil. Menariknya, ia tidak menggunakan gaji yang diterimanya sebagai Kepala Negara Vatikan.

Asal tau saja, para Paus biasanya mendapatkan gaji yang cukup besar. Paus Fransiskus sendiri diketahui menerima gaji sebesar 32 ribu dolar AS atau setara Rp496,83 juta per bulan.

Akan tetapi, Paus Fransiskus menolak gaji tersebut dan memilih menyumbangkan gajinya ke gereja, mendanai yayasan, menempatkannya dalam bentu amanat, atau memberikannya kepada anggota Keluarga.

Sekedar informasi tambahan, nama asli Paus Fransiskus adalah Jorge Moario Bergoglio. Ia lahir pada 17 Desember 1936 dari keluarga imigran asal Italia. Ayahnya, Mario Jose Bergoglio bekerja sebagai akuntan. Sedangkan ibunya, Regina Maria Sivori adalah ibu rumah tangga.

Paus Fransiskus sembat bekerja sebagai analis kimia. Berikutnya, ia memilih jalan imamat dengan masuk Seminari Tinggi Keuskupan Villa Devoto. Berikutnya, pada 11 Maret 1958, ia masuk novisiat Serikat Yesus.

Paus merampungkan studinya di bidang humaniora di Chili dan kembali ke tanah airnya pada tahun 1963 untuk lulus dengan gelar sarjana filsafat dari Colegio de San Jose di San Miguel.

Pada 13 Desember 1969, Paus Fransiskus dikukuhkan sebagai iman oleh Uskup Agung Ramon Jose Castellano.

Lebih lanjut, Paus Fransiskus diangkat menjadi Uskup Agung Buenos Aires pada 3 Juni 1997. Sembilan bulan kemudian, ia diangkat ia diangkat sebagai Uskup Agung untuk menggantikan Kardinal Quarracino yang meninggal dunia. Selain itu, ia juga menjaadi Ordinaris bagi umat Timur di Argentina yang tidak mempunyai Ordinaris dalam ritusnya sendiri.

Setelah menjadi Uskup Agung untuk Primat Argentina, Puas Yohanes Paulus II mengangkat Paus Fransiskus sebagai Kardinal pada Konsistori yang digelar pada 21 Februaru 2001. Selain itu, ia juga mendapatkan gelaar San Roberto Bellarmino.

Delapan bulan setelahnya, Paus Fransiskus ditunjuk sebagai Relator Umum untuk Sidang Umum Biasa ke-10 Sinode Para Uskup untuk Pelayanan Episkopal.

Pada April 2005, Paus Fransiskus mengikuti Konklaf yang memilih Paus Benediktus XVI. Berikutnya, pada 13 Maret 2019, ia terpilih sebagai Paus Gereja Katolik Tertinggi di Dunia pada Konklaf Kepausan yang diselenggarakan pada tanggal 13 Maret 2013.

Demikian informasi tentang kekayaan Paus Fransiskus. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.