Ketangkap Curi Sepeda, Pria di Parung Pura-pura <i>Gila</i>, Netizen Salahkan Pemerintah
Ilustrasi: waba.org

Bagikan:

BOGOR – Warga kampung Tulang Kuning dihebohkan dengan tertangkapnya seorang pencuri sepeda yang pura-pura mengalami gangguan jiwa. Lewat video yang viral di media sosial, pria tanpa identitas itu nyaris dihakimi massa.

Menurut laporan warga, pelaku sempat melarikan diri sekitar pukul 22.00 WIB. Namun jumlah warga yang begitu banyak membuat pelaku tak berkutik. Kata warga, saat itu pelaku langsung tersudut, dan dia mulai memerani orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). Namun warga tak terkecoh dengan ulahnya. Pelaku kemudian diikat tangannya oleh warga setempat.

Kapolsek Parung Kompol Puji Astono mengatakan, dia akan berkoordinasi dengan bawahannya.

“Belum monitor, saya masih banyak giat (kegiatan, red) ursan COVID, jadi sering di luar kantor.” Kata Puji Astono lewat pesan singkat, Kamis 18 Agustus.

Dalam video yang diunggah akun @jabodetabekcom, sejumlah netizen memberikan komentar. Akun @chitoy_mellinia jutru menyalahkan pemerintah dengan adanya peristiwa ini.

“Semua ini salah pemerintah 'oke skrng kita bahas masalahnya ' pertama : apa yg membuat dia menjadi seperti itu ? Mencuri ,berbuat kriminal , dan kejahatan yg lainnya ' kedua : apakah dia sedang kekurangan uang ?atau dia gapunya pekerjaan dan menyebabkan dia menjadi seperti itu ,nah inilah intinya ' kalau saja pemerintah menyediakan lapangan pekerjaan yg amat sangat luas ,saya yakin tingkat kriminalitas akan menurun 'apalagi kita sedang menghadapi pandemi seperti ini' mungkin beberapa bantuan dari pemerintah itu sudah benar' tapi pemerintah tidak memperhatikan tingkat orng pengangguran di indonesia ' jadi disini menurut saya kejadian seperti ini tuh lumrah ' coba kita lihat di benua afrika' disana itu kriminalitas sudah dianggap biasa' dan pemerintahnya pun tidak turun tangan untuk menangani kriminalitas tersebut' oke sekarang kalau saja pemerintah membuka lapangan pekerjaan yg luas ,maka sedikit kemungkinan akan terjadi kejadian seperti ini'” tulis akun tersebut.