Bagikan:

JAKARTA - Sebuah rekaman kamera CCTV menampilkan detik-detik aksi pencurian kotak amal di musala kawasan Ciracas, Jakarta Timur.

Pelaku menggasak seluruh uang amal yang diperkirakan berjumlah lebih dari satu juta rupiah. Dari rekaman kamera CCTV, seorang pria terlihat masuk ke dalam musala At-Taqwa yang terletak di Gang Garuda 3, Cibubur, Ciracas, Jakarta Timur, Rabu, 29 Juni.

Iwan, pengurus musala mengatakan, pelaku melancarkan aksi pencurian ketika suasana terlihat sepi setelah Jamaah selesai solat Dzuhur.

"Orangnya (pelaku) pura - pura solat, sebelumnya saya curigai ada orang. Pada Dzuhur, ada orang naik motor warna hitam," katanya kepada wartawan, Rabu, 29 Juni.

Pelaku masuk ke dalam musala bukan untuk beribadah, tapi mengambil uang amal. Setelah melihat benda incarannya, pelaku mencongkel bagian atas kotak penyimpanan uang.

"Mungkin di atas sejuta lebih (yang dicuri), biasanya hampir sejuta setengah (kalau uang di kotak amal penuh)," ujarnya.

Setelah terbuka, pelaku mengambil seluruh uang amal tanpa sisa. Setelah berhasil, pelaku kembali menutup kotak amal tersebut dan melarikan diri dengan motor miliknya.

"Sudah tiga kali terjadi pencurian. Ini orang luar (pelaku)," ucapnya.

Meski sering terjadi pencurian kotak amal, pengurus muasala tidak melaporkan aksi pencurian uang amal ke pihak Kepolisian.