Taliban Kuasai Kabul, Target Evakuasi 22 Ribu Warga Afghanistan ke Amerika Serikat lebih Sulit Terealisasi
Warga berlarian menuju terminal bandara Kabul, Afghanistan. (Antara/Jawad Sukhanyar/via Reuters/pri)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Amerika Serikat (AS) berjanji untuk mengevakuasi ribuan warga Afghanistan yang berisiko menghadapi ancaman, lantaran bekerja untuk Pemerintah AS, ketidakamanan di seluruh Afghanistan hingga kesulitan logistik.

Sedikiya ada 22 ribu pelamar melalui mekanisme Visa Imigran Khusus (SIV) 0rang-rang dalam kategori ini, beserta keluarga dan orang berisiko lainnya, yang akan dievakuasi oleh Pentagon, kendati menurut seorang pejabat AS 'terlalu banyak hal yang harus berjalan 100 persen dengan benar'.

Namun para pejabat dan kelompok pemukiman kembali mengatakan jumlah itu, meski mengagumkan, akan jauh lebih sulit dicapai sekarang, karena Taliban telah merebut ibu kota Kabul dan sebagian besar negara itu.

Kelompok-kelompok yang bekerja dengan para pengungsi dengan keras membantah pernyataan Biden dalam pidatonya pada Hari Senin bahwa banyak pelamar tidak ingin meninggalkan Afghanistan lebih awal.

Presiden Joe Biden mengumumkan niatnya untuk mulai mengevakuasi warga Afghanistan yang berisiko pada bulan Juli, meskipun ada seruan dari anggota parlemen dan kelompok pengungsi untuk melakukannya beberapa bulan sebelumnya. Sejak Juli, hanya 2.000 warga Afghanistan yang diterbangkan ke Amerika Serikat.

"Ini adalah tujuan yang bagus untuk dimiliki, tetapi secara realistis itu akan menjadi tantangan," pejabat AS, yang berbicara dengan syarat anonim, mengatakan tentang benchmark 22.000 orang, mengutip Reuters Rabu 18 Agustus.

Harapannya adalah untuk terbang antara 5.000 dan 9.000 per hari, ketika Pentagon mencapai kapasitas penuh dengan 6.000 tentara di Kabul. Hanya 4.000 tentara telah mencapai Kabul sejauh ini.

Evakuasi warga Afghanistan akan mengharuskan mereka untuk pertama-tama bisa sampai ke Kabul, kemudian ke bandara melalui serangkaian pos pemeriksaan Taliban, kata para pejabat. Militer AS perlu menjaga ketenangan di bandara untuk memungkinkan penerbangan lepas landas dan mendarat, dan juga membutuhkan cuaca untuk bekerja sama.

Sempat terjadi insiden yang menewaskan lima orang pada Senin lalu, setelah warga berdesakan di bandara Kabul untuk bisa dievakuas. Militer AS untuk sementara menangguhkan penerbangan untuk membersihkan lapangan terbang, sementara misi evakuasi akan berakhir pada 31 Agustus.

taliban
Ilustrasi Tentara Taliban. (Wikimedia Commons/isafmedia)

Penasihat Keamanan Nasional Jake Sullivan mengatakan pada Hari Senin, Gedung Putih telah menerima laporan tentang orang-orang yang dipukuli di luar bandara, meskipun Taliban telah setuju untuk mengizinkan warga sipil lewat dengan aman.

Idealnya, para pejabat mengatakan Gedung Putih akan mengizinkan Pentagon untuk mulai mengevakuasi orang beberapa minggu sebelumnya menggunakan pesawat militer dan memindahkan mereka ke pangkalan di Amerika Serikat.

Sebaliknya, sampai minggu lalu pelamar SIV perlahan-lahan diterbangkan melalui pesawat sipil dan hanya satu pangkalan di Virginia yang disadap untuk menampung mereka.

Departemen Luar Negeri tidak secara resmi meminta penggunaan lebih banyak pangkalan militer di Amerika Serikat untuk menampung pelamar Afghanistan sampai hari Minggu, dengan Taliban sudah berada di Kabul, kata pejabat lain.

Terpisah, dua pejabat AS mengatakan kepada Reuters, Presiden Biden khawatir tentang dampak politik dari sejumlah besar pengungsi Afghanistan yang mengalir ke Amerika Serikat dan lebih suka mereka dikirim ke negara ketiga.

Presiden Biden sendiri telah menghadapi tekanan politik yang kuat atas imigrasi dari oposisi Partai Republik, ketika penangkapan di perbatasan AS - Meksiko telah melonjak ke level tertinggi 20 tahun dalam beberapa bulan terakhir.

Awal tahun ini, Presiden Biden menunda keputusan untuk menaikkan batas penerimaan pengungsi karena pandangan politik, kata pejabat AS kepada Reuters saat itu.

Sebelumnya, dalam pidato Senin lalu, Presiden Biden mengakui kekhawatiran tentang mengapa warga Afghanistan tidak dievakuasi sebelumnya, tetapi mengatakan pemerintah Afghanistan telah mencegahnya melakukannya. Dia juga tampak menyalahkan para pelamar.

"Beberapa orang Afghanistan tidak ingin pergi lebih awal, masih berharap untuk negara mereka," tukas Presiden Biden.

Komentar itu mengejutkan para pejabat dan kelompok pengungsi, yang telah bekerja selama bertahun-tahun untuk merampungkan proses panjang untuk mengeluarkan pelamar SIV dari Afghanistan.