Kampanyekan Penyelamatan Bumi, Bocah 11 Tahun Ini Jalan Kaki Ratusan Mil Menuju Parlemen Inggris
Walker berjalan sejauh 10 mil sehari, dengan ditemani oleg anggota keluarga atau teman-temannya. (Sumber: tellthetruthsheffield.org)

Bagikan:

JAKARTA - Usianya baru 11 tahun, namun Jude Walker sudah peduli dengan langkah penyelamatan bumi. Ya, Walker tengah berkampanye untuk menggalang dukungan Parlemen Inggris, terkait dengan penerapan pajak karbon guna mengatasi emisi karbon.

Terinspirasi oleh aktivis muda lainnya, Greta Thunberg, Walker berjalan kaki dari Jembatan Hebden di Yorkshire, melewati perbukitan, hujan, dan keraguan sepanjang perjalanannya sejauh 210 mil ke Parlemen Inggris di Westminster, London pusat.

Pemanasan global hampir tidak terkendali dan dunia sudah pasti akan menghadapi gangguan iklim lebih lanjut selama beberapa dekade, jika tidak berabad-abad, yang akan datang, kata panel iklim PBB bulan ini.

Sementara, sebagian besar pemimpin politik dan investor menerima ilmu di balik perubahan iklim, ada perpecahan mendalam tentang apa yang harus dilakukan untuk menghentikannya, seberapa radikal respons yang harus dilakukan dan siapa yang harus membayarnya.

Walker jelas, pajak karbon adalah langkah penting untuk memperlambat jalan umat manusia saat ini menuju apa yang disebutnya dunia dystopian.

"Kami sekarang tahu lebih banyak tentang perubahan iklim dan saya pikir pajak karbon pasti akan menjadi salah satu solusi yang paling berguna untuk itu," kata Walker kepada Reuters saat dia berjalan melalui Woburn Sands, sebuah kota sekitar 50 mil (30 km) utara dari London, seperti dikutip Jumat 13 Agustus.

jude walker
Jude Walker. (Sumber: tellthetruthsheffield.org)

Dia ingin orang menandatangani petisi yang menyerukan pajak karbon. Saat ini sekitar 57.000 orang telah menandatangani petisi tersebut. Jika mendapat 100.000 tanda tangan, itu akan dipertimbangkan untuk diperdebatkan oleh parlemen.

Menanggapi petisi tersebut, Inggris mengatakan itu adalah ekonomi besar pertama yang membuat undang-undang untuk emisi nol bersih pada tahun 2050 dan berkomitmen untuk memastikan bahwa pencemar terus membayar emisi mereka.

"Dampak dari perubahan iklim sudah terlihat. Kita benar-benar perlu melakukan perubahan sekarang terutama jika Anda ingin menghindari dampak yang menghancurkan di kemudian hari."

Walker berjalan sejauh 10 mil sehari, dengan ditemani oleg anggota keluarga atau teman-temannya. Dia menyelesaikan jalan kaki di St James's Park, Newcastle pada Hari Sabtu.

Menjelang konferensi iklim PBB, yang dikenal sebagai COP26, di Skotlandia pada bulan November, Walker menyerukan tindakan serius untuk memperlambat perubahan iklim.

"Ini hanya akan menjadi dunia dystopian kecuali pertemuan puncak ini tidak berjalan sesuai rencana. Kita bisa menghindari bencana," pesannya.