Pekan Depan, Rusia Bakal Meluncurkan Enam Kapal Perang dan Kapal Selam
Ilustrasi kapal selam Rusia. (Wikimedia Commons/GAlexandrova)

Bagikan:

JAKARTA - Jika tidak ada aral melintang, galangan kapal United Shipbuilding Corporation Rusia akan meluncurkan enam kapal perang dan kapal selam pada 9-10 Agustus, sebuah sumber di industri pembuatan kapal domestik mengatakan kepada TASS.

"Sampai sekarang, tidak ada tanggal pasti, tetapi ada rencana untuk meluncurkan dua kapal penjelajah bawah air bertenaga nuklir strategis kelas Borei-A Project 955A, dua korvet Project 20380 dan dua kapal selam Project 636,3," kata sumber itu seperti dikutip Jumat 30 Juli.

Sumber tersebut mengatakan, rencana semula, peluncuran konstruksi kapal perang akan dilakukan malam hari perayaan Hari Kemenangan Rusia atas Nazi Jerman yang diperingati setiap 9 Mei.

Dua kapal selam bertenaga nuklir strategis akan diluncurkan di Galangan Kapal Sevmash di barat laut Rusia, dua korvet di Pabrik Pembuatan Kapal Amur di Timur Jauh Rusia dan dua kapal selam konvensional kelas Varshavyanka di Galangan Kapal Admiralty di St. Petersburg, sumber tersebut menyebutkan.

Galangan Kapal Sevmash akan meluncurkan kapal penjelajah bawah air bertenaga nuklir strategis Dmitry Donskoi dan Knyaz Potyomkin, Galangan Kapal Admiralty akan meletakkan kapal selam Mozhaisk dan Yakutsk (kapal selam kelima dan keenam dalam rangkaian enam kapal selam diesel-listrik Proyek 636,3 untuk Armada Pasifik Rusia) sedangkan korvet yang akan diletakkan di Pabrik Pembuatan Kapal Amur diberi nama Grozny dan Buiniy.

pabrik kapal rusia
Pekerja di galangan kapal Sevmash, Rusia. (Wikimedia Commons/RIA Novosti archive/image #813524/Alexey Kudenko)

Kendati demikian, TASS belum menerima komentar resmi dari United Shipbuilding Corporation.

Pada akhir Juli lalu, Galangan Kapal Sevmash di Severodvinsk di barat laut Rusia telah meluncurkan kapal selam bertenaga nuklir Proyek 885M (Yasen-M) Krasnoyarsk.

Perintah untuk meluncurkan kapal selam nuklir terbaru dari slipway diberikan oleh CEO Sevmash Mikhail Budnichenko, didampingi oleh kapten kapal Kapten 2nd Rank Ivan Artyushin.

"Pembuat kapal yang terhormat dan awak kapal penjelajah bawah laut. Pembuat kapal Sevmash telah mengkonfirmasi profesionalisme mereka. Rencana telah dibuat untuk kapal ini dan awaknya telah dilatih. Saya Saya yakin Galangan Kapal Sevmash akan mengirimkannya sesuai jadwal," kata Panglima Angkatan Laut Rusia Laksamana Nikolai Yevmenov pada upacara peluncuran.

Krasnoyarsk adalah kapal selam seri kedua Project Yasen-M yang dibangun pada tahun 2014. Kapal selam bertenaga nuklir Proyek 885M telah dikembangkan oleh Biro Desain Mesin Malakhit yang berbasis di St. Petersburg.

Untuk diketahui, sejauh ini ada tujuh kapal selam Proyek 885M sedang dalam berbagai tahap konstruksi di Galangan Kapal Sevmash. Kapal selam Project 885/885M dipersenjatai dengan rudal jelajah Kalibr-PL dan Oniks sebagai senjata serangan dasar mereka.