AL Rusia Terima Kapal Selam Canggih Mozhaisk: Dilengkapi Rudal Jelajah Kalibr hingga Perlindungan Maksimal untuk Awak
Serah terima kapal selam Mozhaisk AL Rusia. (Sumber/Admiralty Shipyards)

Bagikan:

JAKARTA - Angkatan Laut Rusia kembali menerima kapal selam canggih untuk memperkuat jajaran armadanya, dengan dikirimnya kapal selam kelima dari Project 636.3, Mozhaisk.

Upacara penyerahan dilakukan oleh pembuat kapal Rusia Admiralty Shipyards, anak perusahaan United Shipbuilding Corporation pada 28 November. Ini merupakan kapal selam kelima dari enam kapal selam baru yang dibangun galangan kapal lokal untuk angkatan laut.

Menurut pihak galangan, kapal selam dari proyek 636 yang dimodifikasi memiliki efektivitas tempur yang lebih tinggi (dibandingkan dengan proyek sebelumnya), dikutip dari Naval Today 30 November.

Memiliki panjang 74 meter dan bobot perpindahan 3.900 ton, kapal selam ini mampu mencapai kecepatan bawah air 20 knot.

Lebih jauh, Mozhaisk memiliki kombinasi optimal dari siluman akustik dan jangkauan deteksi target, sistem navigasi inersia terbaru, sistem informasi dan kontrol otomatis modern, dan persenjataan rudal torpedo berkecepatan tinggi yang kuat.

Secara khusus, kapal selam ini dilengkapi dengan rudal jelajah Kalibr-PL dan dikembangkan oleh Biro Desain Rubin untuk melawan kapal selam dan kapal perang musuh.

"Proyek ini menerapkan sejumlah solusi inovatif, termasuk sistem pendukung kehidupan terkini. Kapal ini dirancang untuk memenuhi dua tugas utama: memastikan kemampuan pertahanan negara kita dan menyelamatkan nyawa awak kapal," kata Wakil Menteri Perindustrian dan Perdagangan Viktor Evtukhov.

Sementara itu, Panglima Angkatan Laut Laksamana Nikolay Yevmenov mengatakan, pihaknya akan terus membangun pengelompokan kapal selam konvensional kelas Project 636.3. Mozhaisk sendiri rencananya akan ditempatkan pada Armada Pasifik AL Rusia.

"Rangkaian ini akan dilanjutkan dan kapal perang kelima (Mozhaisk) bukanlah yang terakhir, itulah mengapa kami (akan) memiliki kapal perang lain dari seri ini (untuk Armada Pasifik) dan selanjutnya seri ini akan dilanjutkan untuk Armada lainnya," jelas Laksamana Nikolay Yevmenov, dikutip dari TASS.

Diketahui, serah terima kapal selam ini dihadiri oleh Penasihat Direktur Jenderal JSC USC Vladimir Korolev, Direktur Jenderal Galangan Kapal JSC Admiralty Andrey Veselov dan Wakil Kepala Administrasi Distrik Perkotaan Mozhaisky Maria Azarenkova.