Rusia Kirim Puluhan Kapal Perang, Pesawat dan Helikopter ke Samudra Pasifik: Ada Kapal Pelacak hingga Pembawa Rudal Jelajah Kalibr
Ilustrasi kapal perang Armada Pasifik Angkatan Laut Rusia. (Wikimedia Commons/Alex omen)

Bagikan:

JAKARTA - Angkatan laut Rusia mengirimkan lebih dari 40 kapal perang dan pendukungnya ke Samudra Pasifik, termasuk juga puluhan pesawat dan helikopter menandai dimulainya latihan Armada Pasifik negara itu.

“Selama pelatihan praktis, kelompok tugas bersama dengan penerbangan angkatan laut akan mendeteksi kapal selam musuh, melatih pertahanan udara kelompok taktis kapal, melakukan latihan pertempuran dan pelatihan yang melibatkan target permukaan dan udara, mempraktikkan masalah organisasi yang berkaitan dengan dukungan material dan teknis pasukan lintas laut," ujar kementerian itu seperti melansir TASS 3 Juni.

Kapal pelacak rudal Marshal Krylov dan fregat Marshal Shaposhnikov saat ini berada di zona latihan, bersama dengan kapal dan korvet anti-kapal selam besar, kapal anti-kapal selam kecil, kapal penyapu ranjau, kapal rudal dan kapal tambahan.

Jika tidak ada perubahan berarti, pelatihan ini akan dilakukan pada 3 hingga 10 Juni mendatang sesuai jadwal pelatihan Armada Pasifik Rusia.

Diketahui, kapal Marsekal Shaposhnikov, fregat proyek 1155M yang ditingkatkan Rusia, telah menguji coba rudal jelajah Kalibr di Laut Jepang, menyerang target permukaan laut pada jarak 100 kilometer, tahun lalu.

"Fregat Armada Pasifik Marsekal Shaposhnikv, menembakkan rudal jelajah Kalibr ke target permukaan laut di Laut Jepang. Rudal jelajah itu berhasil mengenai target pada jarak 100 kilometer,” kata layanan pers armada.

Sebelumnya, fregat menembakkan rudal jelajah Kalibr ke sasaran pantai pada jarak lebih dari 1.000 km.