Intip Latihan Militer Rusia, Pesawat Pengintai AS Diusir Jet Tempur Sukhoi Su-35
Jet tempur Sukhoi Su-35. (Wikimedia Commons/Jetphotos/Aktug Ates)

Bagikan:

JAKARTA - Ada-ada saja ulah militer Amerika Serikat (AS). Saat puluhan kapal perang dan pesawat tempur Rusia sedang menggelar latihan di Samudra Pasifik, pesawat pengintai AS mendekat dari dari perbatasan. Alhasil, pesawat tersebut diusir menjauh.

Melansir TASS Jumat 11 Juni, Kementerian Pertahanan Rusia menyebut stasiun radar pertahanan mereka mendeteksi kehadiran pesawat asing di dekat wilayah perbatasan mereka di Samudra Pasifik. 

Satu unit jet tempur Sukhoi Su-35 dari pasukan pertahanan udara Armada Pasifik dikerahkan untuk membayangi pesawat tersebut, hingga akhirnya meninggalkan perbatasan Rusia

"Pada 10 Juni, stasiun radar Rusia mendeteksi target udara di atas Samudra Pasifik yang mendekati perbatasan negara Rusia," sebut Kementerian Pertahanan Rusia dalam pernyataannya.

"Penerbangan pesawat tempur Rusia berjalan sesuai dengan aturan internasional menggunakan wilayah udara. Tidak ada pelanggaran perbatasan negara Rusia yang diizinkan," tegas pernyataan tersebut

Seperti melansir Newsweek, militer Negeri Beruang Merah tengah menggelar latihan tempur besar-besaran di Samudra Pasifik, yang melibatkan puluhan kapal perang, kapal selam, hingga jet tempur.

Digelar di tengah bentang laut seluas 4 ribu kilometer, latihan ini digelar sejauh 2.500 mil dari pangkalan Angkatan Laut Rusia. Digelar oleh Armada Pasifik Rusia, latihan ini mengujicobakan berbagai manuver aspek laut dan udara.

Beragam arsenal laut dikerahkan dalam latihan ini, mulai dari kapal penjelajah rudal Varyag kelas Slava, kapal perusak anti-kapal selam besar Admiral Panteleev, kapal fregat kelas Udaloy Marsekal Shaposhnikov, korvet Gromky, Sovershenny dan Aldar Tsydenzhapov, hingga kapal instrumentasi jangkauan rudal Marshal Krylov. 

Sementara dari udara, ada pesawat tempur anti-kapal selam jarak jauh Tu-142M3 hingga jet tempur high-altitude MiG-31BM. Total ada sekitar 20 kapal perang dan kapal selam, serta 20 pesawat tempur yang dikerahkan dalam latihan kali ini. 

Selain di Samudra Pasifik, Armada Utara Rusia juga diketahu tengah menggelar latihan perang dalam skala besar, juga melibatkan puluhan kapal perang dan pesawat tempur, termasuk kapal penjelajah rudal bertenaga nuklir berat Pyotr Veliky (099), kapal perang permukaan terbesar di dunia saat ini.