Kapal Selam Nuklir Terbaru Rusia Siap Lakukan Salvo Rudal Jelajah Kalibr dan Oniks di Laut Barents
Ilustrasi peluncuran kapal selam Rusia. (Wikimedia Commons/Kremlin.ru/Пресс - служба Президента Российской Федерации)

Bagikan:

JAKARTA - Kapal selam bertenaga nuklir terbaru Proyek 885M (Yasen-M) Krasnoyarsk (K-571) milik Rusia, akan melakukan tiga kali uji coba peluncuran rudal jelajah Kalibr-PL dan Oniks selama uji coba Agustus dan mendatang.

"Selama uji coba gabungan negara, kapal selam bertenaga nuklir Krasnoyarsk akan melakukan tiga kali peluncuran rudal Kalibr dan Oniks dari posisinya yang terendam di Laut Barents," sebuah sumber yang dekat dengan Angkatan Laut Rusia kepada TASS, seperti dikutip 4 Agustus.

Satu uji coba peluncuran akan melibatkan penembakan salvo rudal jelajah Kalibr dan Oniks, kata sumber tersebut.

Setelah uji coba dan pemeriksaan peralatannya, kapal selam Krasnoyarsk yang dibangun di Galangan Kapal Sevmash, akan dikirim ke Angkatan Laut Rusia pada akhir tahun ini. Sementara penempatan permanen di Armada Pasifik dijadwalkan tahun depan.

Krasnoyarsk adalah kapal selam kedua yang diproduksi secara serial dan ketiga yang dibuat di abwah Proyek 885M (Yasen-M). Kapal selam ini dibuat pada 2014 dan diluncurkan pada 30 Juli 2021.

Sumber TASS melaporkan, kapal selam itu dikerahkan ke Laut Putih pada 26 Juni 2022, untuk memulai uji coba laut oleh para pembuat kapal.

Diketahui, kapal selam Proyek 885M dirancang oleh Biro Teknik Kelautan Malakhit yang berbasis di Sankt Peterburg. Kapal selam utama Proyek 885M, Kazan, telah diserahkan kepada Angkatan Laut Rusia pada 7 Mei 2021.

Baik kapal selam bertenaga nuklir multiguna Proyek 885 maupun 885M, dibekali dengan rudal jelajah Kalibr-PL dan Oniks sebagai senjata serang utamanya.