Bagikan:

JAKARTA - Proyek 885M (Yasen-M) seri kedua kapal selam bertenaga nuklir multiguna K-571 Krasnoyarsk yang saat ini sedang dibangun di Galangan Kapal Sevmash, di Severodvinsk, barat laut Rusia akan dibawa ke Laut Putih untuk uji coba laut pada awal Juni, sebuah sumber di industri pertahanan dalam negeri mengatakan kepada TASS.

"Kapal penjelajah kapal selam bertenaga nuklir Krasnoyarsk akan memasuki uji coba laut pembuat kapal pada hari-hari pertama Juni 2022," ujar sumber tersebut seperti mengutip TASS 8 Februari.

"Di Laut Putih, pembuat kapal akan memeriksa pengoperasian peralatan di atas kapalnya dalam kondisi lapangan dan memeriksa kepatuhan terhadap kelaikan laut dan karakteristik kinerjanya. parameter yang dirancang," lanjutnya.

Lebih jauh dikatakan, kapal tersebut sedang menjalani pekerjaan start-up dan penyesuaian, yang akan segera berubah menjadi uji coba dermaga.

Setelah uji coba laut pembuat kapal, kapal selam bertenaga nuklir Krasnoyarsk akan memasuki uji coba negara untuk memeriksa sistem persenjataannya. Pada akhir tahun ini, kapal selam bertenaga nuklir akan memasuki layanan dengan Armada Pasifik Rusia, ungkap sumber tersebut.

Terkait ini, TASS belum memiliki konfirmasi resmi tentang informasi yang diberikan.

Krasnoyarsk adalah kapal selam kedua Project 885M (Yasen-M) seri kedua dan ketiga yang dibangun pada tahun 2014. Kapal penjelajah kapal selam diluncurkan dari slipway dan mengapung pada 30 Juli 2021.

Kapal selam bertenaga nuklir Proyek 885M dirancang oleh Malakhit Design Bureau of Machine-Building yang berbasis di St. Petersburg. Saat ini, enam kapal selam Proyek 885M sedang dalam berbagai tahap konstruksi di Galangan Kapal Sevmash.

Untuk diketahui, kapal selam bertenaga nuklir Project 885M Kazan dikirim ke Angkatan Laut Rusia pada 7 Mei 2021. Kapal selam Project 885/885M dipersenjatai dengan rudal jelajah Kalibr-PL dan Oniks sebagai senjata serangan dasar mereka.