Jalani Peningkatan Teknologi, Galangan Kapal Rusia Bakal Mampu Membangun Kapal Selam Nuklir Generasi Kelima
Produksi kapal selam di Galangan Kapal Sevmash, Rusia. (Wikimedia Commons/Memit9)

Bagikan:

JAKARTA - Berstatus sebagai satu-satunya galangan kapal yang membangun kapal selam nuklir di Rusia, selain memproduksi kapal, kapal selam dan peralatan militer untuk angkatan laut negara itu, Galangan Kapal Sevmash bakal mendapatkan peningkatan teknologi.

Peningkatan teknologi galangan kapal Sevmash di Rusia utara akan memungkinkannya untuk membangun kapal selam bertenaga nuklir generasi kelima, kata CEO pabrik Mikhail Budnichenko

"Menyelesaikan tugas global untuk meningkatkan ke tingkat teknis baru akan memungkinkan kita tidak hanya membangun kapal selam generasi kelima dan peralatan angkatan laut lainnya yang meningkatkan kemampuan pertahanan dan potensi ekonomi negara kita. Tetapi juga menyelesaikan tugas lain yang mungkin untuk galangan kapal," katanya kepada TASS seperti dikutip 19 Maret.

Lebih jauh Budnichenko mengatakan, peningkatan teknis skala besar sedang berlangsung di fasilitas galangan kapal tersebut. Diterangkan oleh Budnichenko, perusahaan sedang bersiap untuk memperkenalkan metode modular konstruksi kapal selam.

galangan kapal sevmash
Pekerja di Galangan Kapal Sevmash, Rusia. (Wikimedia Commons/RIA Novosti archive, image #813524/Alexey Kudenko)

Galangan Kapal Sevmash Rusia yang berbasis di Severodvinsk (anak perusahaan dari United Shipbuilding Corporation) mengatakan, pihaknya telah menyetujui konsep konstruksi kapal selam modular pada tahun 2021. Teknologi baru memungkinkan perakitan lambung kapal selam dari modul besar, mengurangi waktu pekerjaan docking 18 bulan.

Salah satu kapal selam nuklir yang sedang digarap galangan kapal ini dan akan memasuki ujicoba laut pada Juni mendatang, adalah Proyek 885M (Yasen-M), seri kedua kapal selam bertenaga nuklir multiguna K-571 Krasnoyarsk.

Setelah uji coba laut pembuat kapal, kapal selam bertenaga nuklir Krasnoyarsk akan memasuki uji coba negara untuk memeriksa sistem persenjataannya. Pada akhir tahun ini, kapal selam bertenaga nuklir akan memasuki layanan dengan Armada Pasifik Rusia.

Untuk diketahui, kapal selam bertenaga nuklir Proyek 885M dirancang oleh Malakhit Design Bureau of Machine-Building yang berbasis di St. Petersburg. Saat ini, enam kapal selam Proyek 885M sedang dalam berbagai tahap konstruksi di Galangan Kapal Sevmash.