Awali Tahun 2022, Rusia Disebut Bakal Gelar Latihan Nuklir Strategis yang Diikuti Tiga Komponen Kekuatan
Ilustrasi rudal balistik Rusia. (Wikimedia Commons/Dmitry Terekhov)

Bagikan:

JAKARTA - Latihan komando dan staf strategis bertajuk 'Grom' (Thunder) yang diikuti oleh tiga komponen kekuatan nuklir Rusia direncanakan berlangsung pada awal tahun 2022, sebut sumber yang dekat dengan Kementerian Pertahanan Rusia.

"Latihan Grom dengan partisipasi triad nuklir Rusia direncanakan pada awal 2022," kata sumber itu kepada TASS, seperti dikutip 3 Januari. Belum ada konfirmasi resmi terkait dengan informasi ini.

Latihan komando dan staf strategis dari kekuatan nuklir strategis Rusia, rutin diadakan setiap tahun dengan masing-masing komponen mengambil peran berbeda-beda dalam pelaksanaannya.

Biasanya, dalam kerangka latihan ini pembawa rudal bawah permukaan Armada Utara meluncurkan rudal balistik antarbenua (ICBM) terhadap target di tempat pengujian Kura di Semenanjung Kamchatka.

Sementara itu, kapal selam nuklir Armada Pasifik akan meluncurkan ICBM terhadap target di tempat uji coba Chizha di Rusia utara.

Selain media kapal perang dan kapal selam, Pasukan Rudal Strategis Rusia juga melakukan pelatihan tempur peluncuran ICBM dan rudal jelajah yang dilakukan oleh pesawat-pesawat penerbangan jarak jauh Angkatan Udara.

Sebelumnya, dalam sesi Dewan Kementerian Pertahanan yang Diperluas pada 21 Desember lalu, Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu mengatakan latihan komando dan staf strategis Vostok dan Grom dijadwalkan akan diadakan pada tahun 2022.