Kapal Selam Terbesar di Dunia: yang Terbesar Beratnya Sampai 48.000 Ton!
Kapal Selam Terbesar. (foto: marineinsight)

Bagikan:

Kapal selam menjadi populer dalam perang angkatan laut selama periode Perang Dunia. Kapal selam bertenaga uap digunakan untuk pertempuran di Revolusi Amerika yang terkenal dan juga Perang tahun 1812 antara AS dan Inggris. Lalu apa saja kapal selam terbesar di dunia?

Kapal selam paling awal dioperasikan secara manual dan sangat lambat, tetapi tidak sampai USS Nautilus bertenaga nuklir pertama diluncurkan pada tahun 1955. Sejak itu, ini menjadi kapal penyerang paling mematikan, mencapai kecepatan 25 hingga 35 knot.

Saat ini, kapal selam adalah bagian penting dari armada angkatan laut negara mana pun. Mereka bertindak sebagai pencegah nuklir dan digunakan untuk operasi pengawasan dan patroli di perairan teritorial. Di bawah ini adalah 10 kapal selam terbaik di dunia, yang diberi peringkat berdasarkan panjangnya.

5 Kapal Selam Terbesar di Dunia

Ilustrasi Kapal Selam (Unsplash).jpg
Ilustrasi Kapal Selam (Unsplash).

 

Typhoon Class Russia/ Project 941 Akula Class

Raksasa nuklir ini dibangun oleh Soviet Rusia pada 1960-an dan 70-an untuk menghadapi AS dan sekutunya dalam perang dingin yang sedang berlangsung. Lebih besar dari gabungan tiga lapangan sepak bola, mereka sarat dengan fitur luar biasa seperti kolam renang, sauna, dan lapangan golf. Kapal selam kelas topan berukuran panjang 566 kaki, lebar 76 m dan mencapai ketinggian 38 m dengan perpindahan lebih dari 48.000 ton.

Mereka dilengkapi dengan 20 rudal balistik antarbenua R-39 'Rif' yang besar, juga dikenal sebagai SS-N-20 Sturgeon. Senjata ampuh ini memiliki panjang 53 kaki dan lebar 8 kaki. Ditunjuk sebagai kapal selam terbesar yang pernah dibangun, mereka juga dilengkapi dengan rudal RSM-52 dan sistem penggerak hidrostatik magneto yang efisien untuk meluncurkan serangan diam namun kuat pada musuh mereka.

Borei-Class Russia/ Project 955 Borei

Borei generasi keempat adalah kapal selam kelas pertama yang dibangun oleh Rusia sejak akhir Rezim Uni Soviet. Mereka dimaksudkan untuk menggantikan kapal selam kelas Delta III, IV dan topan tua dan melayani pasukan Angkatan Laut Rusia.

Dirancang oleh Biro Peralatan Kelautan Rubin, mereka dipasang di Galangan Kapal Sevmash. Kapal selam rudal balistik pertama dari kelas ini adalah Yury Dolgoruky yang diluncurkan pada tahun 2008. Delapan kapal selam dengan desain lambung yang berbeda dibangun sebagai bagian dari program ini.

Ohio-Class, United States

Terbesar ketiga di dunia, kapal selam kelas Ohio ditugaskan untuk angkatan laut AS antara tahun 1977 dan 1998. Setiap kapal selam kelas Ohio dilengkapi dengan 24 rudal Trident II, dengan jangkauan sekitar 12.000 kilometer. Oleh karena itu mereka memiliki kapasitas pembawa rudal yang lebih besar daripada kapal selam kelas Typhoon dan Borei Rusia. Mereka memiliki perpindahan 18.750 ton, empat dek, ruang untuk menampung 90 anggota awak, sistem pemrosesan sonar Lockhead Martin, reaktor air bertekanan dan dua turbin.

Semua delapan belas kapal selam dilengkapi dengan delapan peluncur, empat tabung torpedo 533 milimeter dan sistem kendali tembakan digital mk118. Mereka dianugerahi lebih dari 50% senjata termo-nuklir yang dimiliki oleh AS. Kisaran torpedo hingga lima puluh kilometer dengan kedalaman 3000 kaki.

Delta Class, Russia

Kelas Delta terdiri dari serangkaian kapal selam rudal balistik yang membentuk landasan armada kapal selam Rusia pada tahun 1970-an. Terdiri dari empat sub kelas yaitu Delta I, II, III dan IV dengan panjang 167 m dan lebar 12,5 m.

Kapal selam Delta I membawa 12 rudal dan berpatroli di laut Norwegia dan Laut Barents. Untuk meningkatkan akurasinya, mereka dilengkapi dengan Tobol-B dan sistem navigasi siklon-B. Sekitar 18 kapal selam kelas ini dibangun dengan nama proyek 667B Murena. Namun, semua kapal dari kelas ini dinonaktifkan pada tahun 1998 dan dihapuskan pada tahun 2005.

Oscar Class Russia/ Project 949 A Antey

Proyek 949 Antey milik kapal selam rudal jelajah kelas Oscar yang juga merupakan Proyek 949 Granit. Mereka saat ini menjadi bagian dari armada utara Rusia dan sedang menjalani modernisasi untuk meningkatkan umur mereka.

11 kapal selam semacam itu dibangun di Severodvinsk berukuran panjang 154 meter dan lebar 18 meter, untuk mengakomodasi sistem elektronik canggih dan sistem peredam bising. Ini memiliki sirip yang lebih besar dari pendahulunya dan baling-baling tujuh bilah.

Jadi setelah mengetahui kapal selam terbesar di dunia, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!