HMS Anson, Kapal Selam Nuklir Inggris yang Dicemburui Banyak Negara di Dunia
HMS Anson, kapal selam tercanggih milik Kerajaan Inggris. (foto: twitter @DefenceHQ)

Bagikan:

JAKARTA - Kapal selam serang paling canggih di dunia, yang dapat menghancurkan target darat hingga 1.000 mil (1600 km) jauhnya, telah bergabung dengan armada Angkatan Laut Kerajaan Inggris.

Kapal selam bernama HMS Anson ini dipersenjatai dengan 38 torpedo Spearfish dan rudal jelajah Tomahawk Block V, dan bernilai 1,3 miliar pound sterling (Rp 22,4 triliun).

Kapal selam ini dilengkapi senjata untuk menghancurkan kapal dan kapal selam musuh, mengumpulkan data intelijen dan melindungi kapal Angkatan Laut Kerajaan lainnya dari atas atau di bawah gelombang lautan.

Kapal selam pemburu-pembunuh (hunter killer) itu secara resmi disambut ke layanan selama upacara commissioning di halaman BAE Systems di Barrow, Cumbria, pekan ini.

Anson adalah yang kapal kelima dari kapal selam serang kelas 'Astute' baru yang bergabung dengan armada, yang digambarkan sebagai yang terbesar dan tercanggih yang pernah dioperasikan oleh Angkatan Laut Inggris.

Komandan David Crosby, Komandan pertama kapal tersebut, mengatakan bahwa HMS Anson akan terus menjadi kapal selam kelas Astute terbaik.

“Di antara persaingan ketat itu adalah klaim yang berani, tapi saya sepenuhnya percaya; kapal ini akan sukses dalam operasi selama bertahun-tahun yang akan datang dan “dicemburui” oleh negara-negara di seluruh dunia,” ujarnya seperti dikutip Mail Online.

“Keberuntungan menjadi komandan kapal selam serang paling canggih dan yang pernah dibangun di Inggris pada hari commissioning-nya adalah kehormatan terbesar dalam karir kapal selam saya,” tambah Crosby.

HMS Anson dapat mencapai kecepatan lebih dari 30 knot (55 km/jam), dan dilengkapi sepenuhnya untuk menghancurkan infrastruktur militer musuh baik di darat maupun di laut.

Panjang kapal ini 318 kaki atau 97 meter  dan memiliki ruang untuk 98 awaknya yang masing-masing memiliki tempat tidur dan ruang sendiri.

Berbekal Reaktor nuklir Rolls Royce onboard berarti kapal tidak perlu diisi bahan bakar selama masa layanan tugasnya 25 tahun.

Kapal selam ini juga dapat memurnikan air dan udara, sehingga waktunya di bawah air hanya akan dibatasi oleh jumlah makanan di dalamnya, yang berarti ia mampu mengelilingi dunia tanpa muncul kembali ke permukaan.

Kapal ini dibuat sekitar 20 juta jam kerja selama 11 tahun untuk agar kapal seberat 7.800 ton itu siap untuk beraksi. Kapal ini bahkan diklaim lebih kompleks daripada Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Anson dinamai menurut Laksamana George Anson, seorang perwira Angkatan Laut Kerajaan dari abad ke-18 yang melakukan perjalanan empat tahun di seluruh dunia dan memimpin kemenangan melawan Prancis di Cape Finisterre pada tahun 1747.

Pada upacara penamaan pada bulan Desember 2020, sebotol sari buah apel dibenturkan ke lambung karena minuman itu disukai oleh Laksamana Anson sebagai obat kudis.

Kapal selam itu diluncurkan dari Devonshire Dock Hall pada April 2021 dan diturunkan ke Wet Dock, di mana para insinyur dan kru telah menguji peralatan dan mengoptimalkan sistemnya.

Pada bulan Februari, Anson melakukan penyelaman di Barrow yang memungkinkan personel untuk memeriksa keseimbangannya saat tenggelam, serta sistem selam/permukaan, tangki pemberat, sensor kedalaman, sonar.

First Sea Lord, Laksamana Sir Ben Key, mengatakan: 'Mengingat dunia tempat kita tinggal, tidak ada alat yang lebih penting di gudang senjata Inggris: diam, tidak terlihat, dan instrumen kunci dari Angkatan Laut Kerajaan kita yang global, modern, dan siap.

“HMS Anson adalah yang terdepan dalam desain dan konstruksi kapal selam dan memastikan keunggulan operasional di ruang pertempuran bawah air, domain siluman terakhir yang hebat,” tambahnya.

“Kapal selam nuklir Angkatan Laut Kerajaan: melindungi infrastruktur nasional yang penting, mengamankan penangkal nuklir, dan siap mengirimkan daya tembak terhadap mereka yang akan membahayakan kita,” jelasnya.