Laut di NTT Lagi Tak Aman Beberapa Hari ke Depan, BMKG Minta Kapal Feri dan Masyarakat Waspada
Ilustrasi - Sejumlah warga menyaksikan gelombang tinggi di perairan sekitar pesisir Kota Kupang, NTT. (ANTARA)

Bagikan:

KUPANG - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga agar mewaspadai potensi gelombang kategori tinggi hingga sangat tinggi di wilayah perairan laut Nusa Tenggara Timur (NTT) selama beberapa hari ke depan.

"Potensi gelombang kategori tinggi berkisar 2,5-4 meter dan sangat tinggi sekitar 4-7 meter perlu diwaspadai karena sangat berisiko terhadap pelayanan kapal maupun perahu nelayan," kata Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Tenau-Kupang BMKG Syaeful Hadi dalam keterangan yang diterima di Kupang, Antara, Minggu, 28 Agustus.

Ia mengatakan hal itu berkaitan dengan perkiraan cuaca di wilayah perairan laut NTT yang berlaku 29-31 Agustus 2022.

Syaeful menyebutkan gelombang tinggi berpotensi terjadi di Selat Sumba bagian barat, Laut Sawu bagian selatan, dan Laut Sawu bagian utara yang berisiko tinggi terhadap pelayaran kapal feri.

Sementara potensi gelombang kategori sangat tinggi berpeluang terjadi di Samudera Hindia selatan Sumba-Sabu yang berisiko tinggi terhadap pelayaran kapal kargo, kapal pesiar.

Syaeful mengimbau pihak operator kapal maupun para nelayan yang hendak melintasi sejumlah titik perairan laut tersebut agar meningkatkan kewaspadaan.

Ia menyebutkan selain itu terdapat sejumlah wilayah perairan lain di NTT juga berpotensi dilanda gelombang sedang (1,25-2,5 meter) yaitu Selat Flores-Lamakera, Selat Alor-Pantar, perairan utara dan selatan Kupang Rote, dan Samudera Hindia selatan Kupang-Rote.

Gelombang sedang juga perlu diwaspadai karena berisiko tinggi terhadap pelayaran kapal tongkang maupun perahu nelayan.

Sementara itu hasil analisa kondisi sinoptik menunjukkan umumnya arah angin bergerak dari arah Timor Laut ke Tenggara dengan kecepatan angin 1-6 Skala Beaufort.

Ia mengimbau warga agar terus mengikuti perkembangan cuaca maritim dari BMKG sebagai referensi untuk mendukung kegiatan pelayaran yang aman dan lancar.