Coinbase Sebut Pembelian NFT Kini Tak Bisa Dilakukan di iOS dari Apple
Coinbase Global Inc juga kecam Apple Inc  (foto: dok. coinbase)

Bagikan:

JAKARTA - Coinbase Global Inc menyatakan pada Kamis, 1 Desember  bahwa pelanggan yang menggunakan iOS dari Apple Inc  tidak akan dapat lagi mengirim token yang tidak dapat dipertukarkan (NFT) di dompetnya.

"Klaim Apple adalah bahwa biaya gas yang diperlukan untuk mengirim NFT harus dibayar melalui sistem Pembelian Dalam Aplikasi mereka, sehingga mereka dapat mengumpulkan 30% dari biaya gas," tambah Coinbase dalam sebuah tweet.

Biaya 30% telah menjadi poin perdebatan antara perusahaan paling berharga di dunia dan pengembang aplikasi lainnya seperti Spotify  dan Epic Games, yang menuduh perusahaan tersebut menyalahgunakan "monopoli" -nya.

Begitu pula dengan protes Twitter yang disuarakan oleh pemiliknya, Elon Musk. Bahkan ia siap berperang dengan Apple agar mencabut aturan itu. Musk juga menuduh Apple akan memblokir Twitter di App Store.

Namun laporan terakhir, setelah bertemu dengan  CEO Apple, Tim Cook, sikap Musk berbeda dan mengakui jika ia salah paham terhadap pemblokiran itu.

Sementara  Apple tidak segera menanggapi permintaan komentar dari Reuters, tentang berbagai keluhan terhadap kebijakan 30 persen yang mereka terapkan.