Mastercard Kerja Sama dengan Coinbase, Pengguna Bisa Beli NFT Tanpa <i>Wallet</i>
Mastercard bisa digunakan untuk beli NFT di Coinbase. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA – Perusahaan kartu kredit Mastercard telah mengumumkan pengguna pasar token nonfungible (NFT) Coinbase yang akan datang, akan dapat menggunakan kartu mereka untuk melakukan pembelian sebagai bagian dari kemitraan baru.

Dalam posting blog Selasa, 18 Januari, wakil presiden eksekutif Mastercard untuk aset digital dan produk blockchain, Raj Dhamodharan, mengatakan berdasarkan perjanjian tersebut, NFT akan dianggap sebagai "barang digital" dan dapat dibeli menggunakan kartu kredit.

Langkah ini bertujuan untuk memungkinkan penduduk asli non-crypto masuk ke NFT tanpa perlu menggunakan dompet dan membeli Ether (ETH) atau token lainnya.

“Penggemar mata uang kripto sudah terbiasa dengan proses ini,” kata Dhamodharan. “Tetapi bagi kebanyakan orang, ini tidak sederhana, tidak intuitif. Kami pikir itu akan jauh lebih mudah. Itu akan memastikan NFT bisa untuk semua orang [...] Melibatkan lebih banyak orang dengan aman dan terjamin mungkin adalah cara terbaik untuk membantu pasar NFT berkembang.”

Sejak Coinbase pertama kali mengumumkan pasar NFT - dengan nama yang direncanakan "Coinbase NFT" - pada bulan Oktober, lebih dari 1 juta orang telah mendaftar untuk berada di daftar tunggu. Pertukaran crypto berencana untuk membuat platform NFT tersedia untuk pengguna A.S. sebelum membukanya untuk pengguna di negara lain.

Mengikuti pertumbuhan dan minat di sektor NFT pada tahun 2021, pertukaran crypto utama FTX dan Binance juga meluncurkan pasar NFT mereka sendiri sebelum pengumuman Coinbase pada Oktober lalu.

Pada bulan Juni, Binance juga meluncurkan platform NFT yang bertujuan untuk “menyediakan likuiditas tertinggi dan biaya termurah bagi pengguna.” FTX mengikutinya pada bulan September dengan platform khusus untuk pelanggan yang berbasis di Amerika Serikat.

Menurut laporan terbaru dari DappRadar, mungkin ada permintaan yang lebih tinggi untuk NFT pada tahun 2022 setelah lonjakan tahun sebelumnya. Platform tersebut melaporkan bahwa perdagangan NFT menghasilkan 10,7 miliar dolar AS pada kuartal ketiga 2021 menjadi 11,9 miliar dolar AS pada Q4, dengan sepuluh hari pertama pada 2022 "terlihat kuat."

Salah satunya perdagangan NFT di platform OpenSea sempat meledak di Indonesia saat Ghozali Everyday mampu menjual foto dirinya hingga berharga miliaran rupiah.

"Terlepas dari siklus cryptocurrency yang bergejolak, NFT mempertahankan tren positif yang stagnan," kata analis DappRadar, Pedro Herrera, seperti dikutip oleh Cointelegraph.