Pantesan Cardano (ADA) Meroket, Rupanya Proyek Ini yang Bikin Harga Kripto ADA Terbang di Saat Market Koreksi
Cardano luncurkan metaverse Pavia dan NFT. (Coinmod)

Bagikan:

JAKARTA – Kenaikan harga Cardano (ADA) di saat market kripto mengalami koreksi membuat ADA menjadi pusat perhatian. Data dari Coingecko melaporkan bahwa harga ADA melonjak 39,2 persen dalam satu pekan terakhir.

Di sisi lain, kenaikan tersebut didorong oleh sejumlah faktor termasuk peluncuran proyek NFT dan metaverse Pavia. Kedua proyek tersebut berhasil mendorong harga ADA lebih tinggi lagi. Dalam 24 jam terakhir Cardano berhasil naik 3,0 persen.

Dilansir dari Bitcoin.com News, Cardano merupakan jaringan smart contract yang mirip dengan Ethereum, dan selama 12 bulan terakhir aset kripto telah meningkat nilainya sebesar 336,5 persen. Namun, Cardano telah dikritik dalam beberapa bulan terakhir karena sejumlah kegunaan proyek smart contract-nya dan fakta bahwa aset keuangan terdesentralisasi (defi) dan non-fungible token (NFT) berbasis ADA hampir tidak ada.

Belakangan, kritikan terhadap ADA mulai memudar. Metrik defillam.com menampilkan sekitar 3 juta dolar AS total nilai terkunci (TVL). Selain itu, Cardano juga mulai memasuki ruang NFT dan metaverse dengan sejumlah proyeknya yakni Clay Mates, Yummi Universe, Spacebudz, Pavia, dan Cardano Kidz.

Pada 15 Januari 2022, proyek NFT dan metaverse yang disebut Pavia.io secara resmi diluncurkan dan pendukung ADA percaya itu akan menjadi pesaing protokol metaverse blockchain seperti The Sandbox dan Decentraland.

“Buat, jelajahi, dan perdagangkan di dunia virtual Cardano pertama yang dimiliki oleh penggunanya,” tulis pihak Pavia di laman resminya.

Selain itu Pavia juga mengumumkan sebanyak 100.000 bidang tanah virtual telah dicetak (minted) sebagai aset non-fungible token (NFT). Metaverse buatan Cardano, Pavia diambil dari nama tempat kelahiran matematikawan terkeal Gerolamo Cardano di Italia.

“Total Pavia.io memiliki sekitar 100.000 bidang tanah, masing-masing dicetak sebagai NFT unik dengan koordinat. Pada saat penulisan proyek ini telah menjual sekitar 60 persen dari bidang tanah ini dari Oktober hingga November 2021. Final dijadwalkan untuk Q1 2022,” tulis pengumuman proyek metaverse milik Cardano tersebut.

Saat penulisan, data dari Coingecko mengungkapkan bahwa kripto ADA diperdagangkan di level Rp22.440. Sementara harga tertinggi sepanjang masa (ATH) Cardano berada di level Rp44.039 yang tertoreh pada 2 September 2021 lalu.