Pria Ini Tak Sengaja Buang <i>Harddisk</i> Berisi Bitcoin Senilai Rp4,5 Triliun, Bikin <i>Nyesek!</i>
Bitcoin, kini melambung tinggi dibandingkan beberapa tahun lalu. foto: (Fox Business)

Bagikan:

JAKARTA - Pria asal Inggris bernama James Howell tak sengaja membuang harddisk berisi Bitcoin. Dilaporkan, harddisk itu bisa bernilai triliunan saat ini.

Menurut laporan CNN, James Howell membuang harddisk berisi 7.500 Bitcoin pada Juni dan Agustus 2013 silam. Pria yang bekerja di bidang IT tersebut diketahui menambang Bitcoin selama empat tahun sebelumnya ketika nilainya masih kecil.

Tetapi ketika nilai kripto naik tajam, dia berusaha mencari harddisk tersebut. Celakanya, Howell telah membuang harddisk itu ke tempat sampah.

Pria Inggris tersebut sampai  menawarkan lebih dari 70 juta dolar AS kepada otoritas terkait untuk menggali ke situs tempat pembuangan akhir (TPA). Namun, permintaannya itu ditolak.

"Saya menawarkan untuk menyumbangkan 25 persen atau 71,7 juta Dollar AS ke kota Newport untuk didistribusikan ke semua penduduk lokal yang tinggal di Newport jika saya menemukan dan memulihkan bitcoin. Ini akan menghasilkan kira-kira 239 Dollar AS) per orang untuk seluruh kota (316 ribu populasi). Sayangnya, mereka menolak tawaran itu dan bahkan tidak akan berdiskusi langsung dengan saya tentang masalah ini," terangnya.

Tak patah arang, pria itu mengatakan mungkin bisa mencari tahu lokasi keberadaan harddisk miliknya. Ketika diwawancarai CNN, Howell mengklaim akan menggali area yang ditengarai sebagai tempat keberadaan harddisk menggunakan referensi grid dan memulihan hard drive

Akan Diperbaiki

Howell juga mengatakan jika harddisk tersebut akan direparasi dan mencoba untuk bisa mengakses Bitcoin miliknya.

"Drive tersebut kemudian akan disajikan kepada spesialis pemulihan data yang dapat membangun kembali drive dari awal dengan suku cadang baru dan mencoba untuk memulihkan data kecil yang saya perlukan untuk mengakses bitcoin," ucap Howell.

Jika diasumsikan, harga Bitcoin saat dia sadar menghilangkan harddisk tersebut berkisar 9 juta dolar AS. Tetapi, saat ini diperkirakan harganya sudah mencuat ke angka 317,178 juta dolar AS atau Rp4,54 triliun dengan kurs saat ini Rp14.300/dolar AS.