Mengenal Kapal Selam Terbesar di Dunia, Typhoon Class Milik Rusia
Typhoon Class Tipe 941 (naval technology)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Rusia adalah negara yang selalu ada di papan atas dalam urusan alat utama sistem senjata (alutsista) militer. Kekuatan tempur mantan Uni Soviet ini termasuk yang disegani oleh negara-negara dunia. Salah satu buktinya adalah kepemilikan Typhoon Class, kapal selam terbesar di dunia saat ini.

Bobot Typhoon Class lebih dari 48.000 ton. Dikutip dari Naval Technology, kapal selam terbesar di dunia ini bergerak dengan tenaga nuklir dan memiliki rudal balistik. Meski berukuran sangat besar, kecepatan dan ketangguhan kapal selam Typhoon tetap mengerikan.

Unit pertama yang diluncurkan dari kelas ini adalah unit Dmitry Donskoy. Ketika itu mereka bertugas pada 1981. Hingga saat ini, unit dari kapal selam terbesar di dunia ini masih aktif ditugaskan oleh angkatan laut Rusia. Selain Dmitry Donskoy, unit lain dari kapal selam kelas Typhoon yang pernah ditugaskan oleh Rusia adalah Simbirsk, Arkhangelsk, dan Severstal.

Spesifikasi kapal selam terbesar di dunia

Mengenai dimensi, kapal selam terbesar di dunia ini memiliki panjang mencapai 175 meter, lebar 23 meter, dan tinggi kurang lebih 12 meter. Dari penjabaran tersebut nampaknya telah membuktikan bahkan Typhoon Class merupakan kapal selam terbesar di dunia.

Dalam urusan dapur pacu, kapal selam Typhoon Class digerakkan oleh dua reaktor nuklir, dua turbin uap dengan 50.000 hp, serta empat turbogenerator 3.2000 KW. Dengan mesin tersebut, kapal ini mampu melaju dengan kecepatan 22,22 knot atau 25,57 mil per jam di permukaan air dan 27 knot atau 31 mil perjam di dalam air.

Kapal selam terbesar di dunia ini dapat menampung 160 orang dalam sekali perjalanan. Tercatat, Typhoon Class mampu melakukan perjalanan selama lebih dari 120 hari dan menyelam sampai kedalaman sekitar 1300 kaki atau 400 meter.

Untuk persenjataan, kapal selam ini umumnya membawa 20 rudal balistik antarbenua berjenis RSM-52. Masing-masing rudah mampu menampung 100kt hulu ledak nuklir. Typhoon Class juga dilengkapi dengan enam tabung torpedo 522 mm dan torpedo tipe 53.

Selain info mengenai kapal selam terbesar di dunia, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!