Penampakan Kapal Selam Rahasia Kilo Class Indonesia, Beneran Ada?
Penampakan kapal selam Kilo Class. (Foto: nationalinterest.org)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Memiliki wilayah yang cukup luas, sudah seharusnya Indonesia memiliki kekuatan pertahanan negara yang cukup kuat juga. Meskipun sering diremehkan, namun berdasarkan peringkat Global Fire Power (GFP), ternyata Indonesia menduduki nomor 16 dalam kategori “2021 Military Strength Ranking”.

Peringkat tersebut, dengan demikian telah mendudukkan Indonesia sebagai satu-satunya negara di Asia Tenggara yang masuk dalam 20 besar negara dengan kekuatan militer terbaik di dunia.

Kekuatan alutsista adalah salah satu pertimbangan GFP dalam memberikan penilaian, selain tentunya strategi dan ketangguhan pasukan suatu negara.

Benarkah Indonesia Memiliki Kapal Selam Kilo Class?

Beberapa waktu lalu masyarakat, khususnya para pecinta pertahanan negara dan alutsista dihebohkan dengan video sebuah kapal selam milik Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang diduga berjenis kilo class buatan Rusia.

Kilo Klass yang menurut Indomiliter diedit dengan bendera Merah Putih. (Foto: Indomiliter)

Meskipun hingga kini kebenaran dari video tersebut tidak pernah diklarifikasi langsung oleh TNI, namun tidak ada salahnya kita membahas ketangguhan kapal selam tersebut.

Kilo adalah nama kelas yang diberikan NATO untuk kapal selam militer bertenaga diesel buatan Rusia. Versi asli dari kapal selam ini di Rusia dikenal dengan nama Project 877 Halibut. Kapal selam kelas ini juga memiliki versi yang lebih baru yang dikenal dengan nama Improved Kilo dan dikenal juga dengan Project 636 Varshavyanka.

Dilansir dari laman Wikipedia, Kilo Class merupakan kapal selam yang beroperasi di perairan dangkal. Kilo sendiri merupakan sebutan bagi kelas kapal selam yang diberikan oleh NATO bertenaga diesel.

Sementara itu, Kilo Class versi Rusia memiliki nama Project 877 dengan sistem sonar Rubikon MGK-400 dan sonar pendeteksi ranjau (MG-519 Arfa).

Vietnam adalah satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tercatat memiliki 6 kapal selam jenis kilo class.

Sementara itu, di negara asalnya Rusia (saat itu Uni Soviet) kilo class sudah mulai beroperasi pada tahun 1980.

Indomiliter pernah memuat artikel yang menjelaskan kemunculan kapal selam jenis kilo class dalam kalender internal TNI AL tahun 2012.

Kapal Selam Kilo Class di kalender TNI AL 2021. (Foto: Indomiliter)

Dalam foto di kalender tersebut, terlihat kapal selam Kilo Class di tengah laut saat memecah gelombang.

Kapal selam Kilo Class dengan nomer serti 412 tersebut, sontak membuat heboh para pecinta alutsista Indonesia.

Foto asli namun memiliki angel yang mirip dengan foto di kalender TNI AL.
(Foto: Indomiliter)

Meskipun keaslian kapal selam tersebut belum diklarifikasi secara resmi, namun Indomiliter sendiri menulis suatu teori sebagai berikut.

“Pasalnya 4xx adalah numbering yang dipersiapkan khusus untuk kapal selam TNI AL, dan memang dahulu pada era-60an, Indonesia memang punya kapal selam kelas Whiskey, mulai dari urutan 401 hingga 412. Dan kebetulan, 412 dahulu disematkan untuk KRI Trisula,” tulisnya.

Selain penampakan kapal selam rahasia Kilo Class Indonesia, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!