Sukses Luncurkan Rudal Hipersonik Tsirkon dari Fregat, Rusia Targetkan Peluncuran dari Kapal Selam Nuklir
Uji coba penembakan rudal hipersonik Tsirkon dari Fregat Admiral Gorshkov. (Sumber: Russian Ministry of Defense Press Office via TASS)

Bagikan:

JAKARTA - Militer Rusia kembali berhasil melakukan uji coba penembakan rudal hipersonik Tsirkon, jelas Kementerian Pertahanan Rusia dalam keterangannya Senin 19 Juli waktu setempat.

Mengutip TASS, uji coba penembakan kali ini kembali dilakukan dari atas Fregat Admiral Gorshkov, dengan sasaran berada pada jarak lebih dari 350 kilometer, dengan kecepatan jelajah rudal hingga 7 Mach.

"Menurut data pemantauan langsung, rudal Tsirkon berhasil mengenai target secara langsung pada jarak lebih dari 350 km. Selama pengujian, karakteristik taktis dan teknis dikonfirmasi. Kecepatan penerbangan mencapai hampir 7 Mach," kata pernyataan itu.

Dalam uji coba penembakan rudal hipersonik Tsirkon kali ini, Fregat Admiral Gorshkov berada di Laut Putih, sementara target permukaan jauh berada di pantai Laut Barents. 

Pihak Kementerian Pertahanan menyebut, sistem rudal hipersoni Tsirkon ini direncanakan akan memperkuat persenjataan jajaran kapal permukaan dan kapal selam Angkatan Laut Negeri Beruang Merah. 

Uji coba yang tidak disebutkan secara jelas kapan waktu pelaksanaannya ini, lebih lambat sekaligus lebih cepat dari dua informasi sebelumnya mengenai rencana uji coba penembakan ini. 

fregat admiral gorshkov
Fregat Admiral Gorshkov. (Wikimedia Commons/Ministry of Defence of the Russian Federation/Mil.ru)

Diberitakan sebelumnya, Presiden Vladimir Putin dalam rapat tiga hari dengan jajaran pemimpin Kementerian Pertahanan dan perusahaan pertahanan Rusia Mei lalu menyebut, sistem rudal hipersonik lintas kapal Tsirkon sedang dalam tahap akhir uji coba pada Juni mendatang, dengan penembakan dari Fregat Admiral Gorshkov, yang tahun lalu sukses menembakkan tiga kali uji coba rudal hipersonik Tsirkon.

"Izinkan saya mencatat, perusahaan pertahanan dan Kementerian Pertahanan telah menjalin interaksi yang efektif dalam pengiriman dan pemeliharaan persenjataan dan perangkat keras, mulai dari pengembangan dan produksi serial hingga pemeliharaan dan perbaikkan," terang Presiden Putin ketika itu. 

Sementara Minggu 18 Juli kemarin, sumber di kompleks industri militer Rusia menyebut, uji coba penembakan rudal hipersonik Tsirkon akan dihelat pada Agustus mendatang, terbagi dalam dua tahap pelaksanaan. 

"Peluncuran pertama dari fregat Admiral Gorshkov dalam uji coba negara direncanakan untuk bagian pertama Agustus. Bagian kedua Agustus akan melihat uji coba penembakan Zircon dari kapal selam nuklir Severodvinsk," sebut sumber tersebut.