Presiden Putin Pastikan Fregat Admiral Gorshkov Beroperasi Januari, Dibekali Rudal Berkecepatan Mach 9 dan Jangkauan 1.000 Km
Fregat Admiral Gorshkov (417) Rusia. (Wikimedia Commons/Ministry of Defence of the Russian Federation/mil.ru)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Rusia Vladimir Putin pada Hari Kamis memastikan, kapal perang jenis Fregat Admiral Gorshkov (417) yang telah menjalani pemeliharaan terencana, akan mulai beroperasi dan menjalani misi di lautan.

"Pada awal Januari, kita akan melihat Fregat Admiral Gorshkov memasuki layanan, sistem senjata baru sudah diuji di sana," ujar Presiden Putin, melansir TASS 23 Desember.

Menurut Presiden Putin, Rusia tidak berniat melakukan provokasi, tetapi itu akan menjadi faktor penguatan kekuatan strategis.

"Meskipun sistem senjata ini memiliki jangkauan menengah, mereka memiliki spesifikasi kecepatan sedemikian rupa sehingga memberi kami keuntungan tertentu dalam hal ini," tambahnya.

Selama rapat dewan Kementerian Pertahanan Hari Rabu Presiden Putin juga mengatakan, fregat yang dipersenjatai dengan rudal hipersonik Tsirkon, akan mulai beroperasi pada Januari 2023.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Sergei Shoigu mengatakan, Rusia telah meluncurkan pengiriman serial rudal hipersonik Tsirkon yang canggih ke Angkatan Laut Rusia.

"Kami telah meluncurkan pengiriman serial rudal hipersonik Tsirkon berbasis Angkatan Laut," terang Menteri Shoigu.

"Fregat Admiral Gorshkov dengan sistem rudal hipersonik lintas laut Tsirkon yang terkemuka menjalani persiapan akhir sebelum memulai misi di lautan dunia," tandasnya.

Dalam pidato kenegaraannya kepada Majelis Federal pada Februari 2019, Presiden Putin mengatakan Rudal Tsirkon mampu mencapai kecepatan sekitar Mach 9 (sembilan kali kecepatan suara), dengan jangkauan melebihi 1.000 km.