Selesai Uji Laut, Rusia Bakal Terima Fregat Terbaru Admiral Golovko Musim Panas: Dibekali Rudal Kalibr hingga Tsirkon
Fregat Admiral Golovko di Galangan Kapal Severnaya, Rusia. (Wikimedia Commons/Ministry of Defense of Russia)

Bagikan:

JAKARTA - Galangan Kapal Severnaya Verf di Sankt Peterburg, Rusia barat laut, akan menyerahkan kapal jenis fregat rudal terbaru Proyek 22350 Admiral Golovko kepada Angkatan Laut Rusia pada kuartal kedua tahun ini

"Berdasarkan rencana yang ada, Admiral Golovko akan dikirim pada kuartal kedua 2023. Keputusan mengenai tanggal pastinya akan dibuat oleh Komando Utama Angkatan Laut," sebut kantor berita TASS, 2 Maret.

Sebelumnya, Kementerian Pertahanan Rusia melaporkan pada 6 Desember, fregat tersebut telah menyelesaikan uji coba laut putaran pertama di Teluk Finlandia di Laut Baltik dan kembali ke galangan kapal Severnaya Verf.

Pengerahan pertama kapal perang baru ini ke laut berlangsung selama sepuluh hari. Selama periode ini, kru fregat dan tim pengiriman galangan kapal melakukan uji manuver dan kecepatan, serta menguji pengoperasian rakitan, mekanisme dan sistemnya.

Admiral Golovko adalah fregat Proyek 22350 yang ketiga dibangun dan diproduksi secara serial. Fregat utama Proyek 22350 dan fregat pertama yang dibuat secara serial, Laksamana Armada Uni Soviet Gorshkov dan Laksamana Armada Kasatonov, telah beroperasi dalam formasi kapal-kapal rudal Armada Utara.

Rencananya, ada sepuluh fregat akan termasuk dalam kelas Admiral Gorshkov. Selain ketiga kapal di atas, ada Admiral Isakov (yang direncanakan beroperasi tahun 2024 untuk Armada Laut Hitam), Admiral Amelko (2026/Armada Pasifik), Admiral Chichagov (2026/Armada Utara), Admiral Yumashev (2027/Armada Utara), Admiral Spiridonov (2027/Armada Utara), Admiral Gromov (2029/Armada Utara) dan Admiral Vysotsky (2029/Armada Pasifik)

Diketahui, kapal-kapal fregat dari Proyek ini membawa sistem rudal jelajah Kalibr-NK dan/atau Oniks sebagai senjata serang dasar dan pada akhirnya akan dipersenjatai dengan rudal hipersonik Tsirkon.