Peneliti Israel Berhasil Mengidentifikasi Sejumlah Obat Mampu Mengatasi COVID-19
Ilustrasi obat-obatan. (Unsplash/Myriam Zilles)

Bagikan:

JAKARTA - Ilmuwan dari Hebrew University of Jerusalem, Israel mengumumkan berhasil mengidentifikasi beberapa obat yang berpotensi membantu mengobati COVID-19.

Prof. Shy Arkin, ahli biokimia di Alexander Silberman Institute of Life Science mengatakan, dalam tes laboratorium di mana sel-sel yang terinfeksi SARS-CoV-2 ditempatkan bersama dengan obat-obatan selama dua hari, hampir 100 persen dari sel hidup meskipun terinfeksi virus.

Sebaliknya, tanpa senyawa obat yang sudah ada sebelumnya, sekitar 50 persen sel-sel tersebut mati, setelah bersentuhan dengan virus.

Arkin dan timnya mengumpulkan lebih dari 2.800 senyawa yang disetujui untuk digunakan, mengidentifikasi 18 obat yang mereka rasa bisa efektif. Dalam karya yang tidak dipublikasikan, para peneliti mampu menunjukkan beberapa senyawa yang menunjukkan potensi luar biasa terhadap seluruh virus dalam percobaan in vitro.

Dua di antaranya adalah Darapladib, digunakan untuk pengobatan aterosklerosis, dan Flumatinib, digunakan untuk pengobatan kanker darah tertentu. Arkin mengatakan, dia ragu untuk membagikan nama obat apa pun, menambahkan jika dia tidak dapat merekomendasikannya sampai mereka menjalani uji klinis yang tepat.

Tim berfokus pada penggunaan kembali obat yang berpotensi mempercepat langkah regulasi di masa depan. Karena obat-obatan tersebut sudah digunakan untuk indikasi lain, di mana efek samping dan toksistasnya, misalnya, diketahui dan disetujui.

Cara kerja obat tersebut adalah dengan menghambat dua target dalam virus: protein E (amplop) dan protein 3a. Protein E adalah protein virus yang paling terkonservasi. Misalnya, sementara protein lonjakan SARS-CoV-2 dan SARS-CoV-1 (virus 2003) hanya sekitar 75 persen identik, protein E mereka kira-kira 95 persen sama.

"Ini berarti obat-obatan tersebut kemungkinan akan tetap efektif bahkan ketika virus bermutasi," sebut Arkin kepada kepada The Jerusalem Post seperti dikutip Rabu 21 Juli.

Dalam penelitian sebelumnya, protein E dan 3a terbukti penting untuk infektivitas virus. Tim Arkin termasuk yang pertama mempelajari protein E dari virus corona SARS pertama pada tahun 2004.

Sebagai bagian dari penelitian yang telah dilakukan oleh tim Arkin selama lebih dari dua dekade, mereka mengidentifikasi bahwa protein E adalah saluran ion, sejenis keluarga protein yang diekspresikan oleh hampir semua sel hidup yang karena strukturnya telah berfungsi sebagai sangat baik dan sering target untuk intervensi titik farmasi, termasuk untuk cystic fibrosis, epilepsi, aritmia, penyakit neurodegeneratif, hipertensi, angina dan banyak lagi, terang laporan itu.

Arkin mengatakan, penting untuk memiliki 'gudang besar' berisi obat-obatan untuk perang melawan SARS-CoV-2.

"Kita seharusnya tidak pernah berada dalam situasi di mana di gudang senjata kita, hanya memiliki satu senjata api. Jika kita hanya memiliki satu dan kita hanya mengandalkannya, dan kemudian ada saatnya gagal, kita akan berada dalam situasi yang sangat genting," paparnya.

Arkin yakin timnya siap untuk studi in vitro dan in vivo, dan dia mencari mitra farmasi untuk membantu melaksanakan uji coba ini.

Mengutip keberhasilan Gilead memperoleh persetujuan Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) untuk Remdesivir dalam waktu singkat pada awal pandemi, Arkin mengatakan dia optimis bahwa setidaknya beberapa dari senyawa ini dapat disetujui untuk digunakan melawan COVID- 19.