Tingkat Keterisian RS di Solo Capai 95 Persen karena Lonjakan Kasus COVID-19
ILUSTRASI/VOI

Bagikan:

SOLO - Tingkat keterisian seluruh rumah sakit di Kota Solo hingga saat ini sudah mencapai 95 persen menyusul tingginya angka kasus COVID-19.

"Saat ini ada 1.063 tempat tidur yang terisi," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Surakarta Siti Wahyuningsih dikutip Antara, Kamis, 8 Juli.

Menurutnya, langkah konversi tempat tidur pasien oleh rumah sakit tidak mudah dilakukan mengingat ketersediaan sumber daya manusia (SDM) dalam hal ini tenaga kesehatan juga harus dipikirkan. Selain itu, dikatakannya, yang tidak kalah penting adalah biaya operasionalnya.

"Kalau rumah sakit semangatnya luar biasa tetapi kalau masyarakatnya tidak patuh kan kasusnya tidak akan berkurang," ujar Siti.

Sementara itu, mengenai tenda yang terpasang di sejumlah halaman rumah sakit, menurut dia untuk mengantisipasi agar pasien yang antre dapat terlindungi.

"Tenda itu asumsi saya agar jangan ada (pasien) yang keleleran (terlantar) di emper," katanya.

Dia mempersilakan rumah sakit jika ingin mengajukan kebutuhan tenda kepada Pemerintah Kota Surakarta.

"Kami masih ada stok, rumah sakit yang butuh silahkan ambil. Kalau sejauh ini yang sudah pasang ada tujuh rumah sakit. Namun begitu ada tenda masyarakat langsung datang, ini juga membuat RS dilema. Nambahin tenda tetapi tenaganya 'nggak' ada," katanya.

Siti mengimbau masyarakat agar tidak perlu datang ke rumah sakit jika tidak dalam situasi darurat.

"Masyarakat kalau 'nggak' penting banget 'nggak' usah ke rumah sakit, termasuk kalau pasien sudah bisa pulang ya segera pulang," katanya.