Lebih dari Sekadar Legalisasi, Benarkah Pertanian Ganja Merusak Lingkungan?
Ilustrasi budidaya ganja dalam rumah kaca. (Unsplash/@newhighmediagroup)

Bagikan:

JAKARTA - Saat legalisasi ganja disambut dengan keriaan dan antusiasme, satu yang pasti mengikutinya adalah masalah pasokan ganja yang harus ditingkatkan, seiring dengan meningkatnya permintaan setelah legalisasi.

Belakangan, ramai dibahas juga mengenai metode pertanian ganja terkait dengan pelestarian lingkungan, terkait dengan jejak karbon yang ditinggalkan oleh ganja. 

Menurut data dari International Narcotics Control Board, Inggris adalah produsen dan pengekspor ganja medis dan ilmiah terbesar di dunia. Namun, hanya ada sedikit diskusi seputar jejak karbon Inggris dalam kaitannya dengan produksi ganja.

Metode penanaman ganja sangat bervariasi di seluruh dunia. Namun, ada tiga metode yang lazim digunakan para petani ganja. Yang pertama adalah menanam ganja di luar ruangan, memanfaatkan sinar matahari alami dan air hujan.

Metode ini sering dianggap paling tidak berbahaya bagi lingkungan, tetapi itu tergantung pada apakah pestisida kimia dan rodentisida digunakan untuk melindungi tanaman. Pendekatan luar ruangan juga bisa berarti hasil panen berkualitas lebih rendah.

pertanian ganja
Ilustrasi penanaman ganja luar ruangan. (Unsplash/ Terre di Cannabis)

Metode kedua adalah menanam ganja di rumah kaca menggunakan sinar matahari, atau cahaya buatan. Dampak lingkungan dari metode ini bervariasi, tergantung pada apakah lampu buatan digunakan atau tidak, karena faktor listrik. Pertimbangan lain adalah seberapa canggih rumah kaca itu sendiri.

Dan ketiga, ganja dapat ditanam di dalam ruangan menggunakan pencahayaan buatan, pemanas, ventilasi, dan bahkan penghilang kelembapan. Saat ini, metode ini sering kali menjadi metode yang paling populer, karena dapat menghasilkan tanaman dengan kualitas lebih baik dan panen ganda.

Namun pertumbuhan di dalam ruangan adalah yang paling merusak lingkungan dari semuanya, karena banyaknya jumlah listrik yang digunakan, yang pada gilirannya berkontribusi pada emisi karbon. Anda juga membutuhkan banyak air untuk menjaga tanaman tetap hidup selama proses pertanian. 

"Konsumsi energi sejauh ini merupakan masalah terbesar dan dapat diatasi dengan menanam di rumah kaca, bukan di dalam ruangan," jelas Jouke Piepenbrink, kepala pemasaran Dutch Passion, perusahaan benih ganja yang berbasis di Amsterdam, melansir Euronews

"Jika ganja ditanam di luar ruangan atau di rumah kaca tanpa cahaya buatan, dampak lingkungannya sangat rendah," tambahnya.

pertanian ganja
Ilustrasi pertanian ganja dalam ruangan. (Unsplash/Ryan Lange)

Polemik legalisasi

Penanam ganja ilegal akan sering menggunakan metode pertanian dalam ruangan untuk menjaga profil tetap rendah, kadang-kadang bahkan beralih ke generator diesel atau bensin untuk menghindari penggunaan listrik dari jaringan dan menimbulkan kecurigaan.

Pertanyaan, apakah larangan ganja merusak planet ini, dengan mengizinkan petani yang tidak diatur untuk menggunakan teknik penanaman yang berbahaya ini, adalah sesuatu yang perlu dipertimbangkan saat perdebatan legalisasi berkecamuk?

"Dampak ini adalah akibat dari ganja yang tidak diatur, tetapi tidak satu pun dari dampak ini yang akan terjadi jika kami tidak memiliki larangan. Larangan adalah akar penyebab dampak lingkungan dari pertanian ganja," kata Dr. Anthony Silvaggio, sosiolog lingkungan dan anggota fakultas di Institut Humboldt untuk Penelitian Ganja Interdisipliner (HIIMR) pada California’s Humboldt State University.

"Merupakan masalah bahwa kita akan mengembangkan industri yang mencemari dengan cara yang membuatnya lebih menantang bagi kita untuk menghadapi krisis iklim. Pertanian industri untuk ganja buruk bagi lingkungan. Tanah tidak tahan lagi," dia menyimpulkan.

pertanian ganja
Ilustrasi pertanian ganja. (Unsplash/Ryan Lange)

Untuk diketahui, popularitas produk ganja telah melonjak selama pandemi virus corona. Studi oleh Alphagreen, pasar terbesar di Inggris untuk produk CBD, menemukan bahwa 8 juta orang telah membeli produk CBD dari awal tahun hingga Mei, senilai 150 juta poundsterling dalam pembelian dan pertumbuhan 50 persen dibandingkan tahun 2019.

Di Eropa, pertumbuhan industri ganja juga terus meningkat. Ini termasuk produk yang membanjiri pasar di negara-negara di mana THC, senyawa psikoaktif dalam ganja dilarang.

"Pasar kami terus berkembang selama 33 tahun terakhir, tetapi dalam tiga tahun terakhir banyak yang telah berubah," kata Piepenbrink, CMO untuk Dutch Passion.

"Kami melihat banyak negara di seluruh dunia terbuka dalam beberapa hal, terkadang mereka memulai dengan program pengobatan, pasar rumah tumbuh terbuka, atau mereka mengizinkan perusahaan memproduksi produk ganja untuk penggunaan rekreasi," papar Piepenbrink.

Para peneliti khawatir, legalisasi tidak akan membantu krisis lingkungan jika tidak memperhatikan agenda ramah lingkungan. Co-direktur HIIMR, Dr. Dominic Corva mengatakan, legalisasi tidak bisa dikatakan memiliki satu dampak atau lainnya, sampai diketahui jenis legaliasi seperti apa yang diperbolehkan.

"Legalisasi yang dibarengi dengan kebijakan lingkungan berpotensi berdampak baik bagi lingkungan. Saya telah melihat gudang-gudang besar yang penuh dengan ganja ditanam dalam skala yang seharusnya tidak terjadi," ungkapnya. 

"Saya telah melihat pengairan, terutama dalam kondisi kekeringan, di mana sungai-sungai besar mengering berbulan-bulan sebelum seharusnya. Banyak rekan saya telah melihat penggunaan pestisida dan rodentisida yang dilarang di lahan publik," tuturnya khawatir.

pertanian ganja
Ilustrasi tanaman ganja. (Unsplash/Matteo Paganelli)

Skala besar

Kendati demikian, ada teknik yang dapat digunakan untuk petani ganja untuk meningkatkan jejak karbon mereka, kata Dr Corva. Yakni, dengan metode pertanian kering maupun tanaman pendamping.

Pertanian kering adalah tentang menanam tanaman di iklim kering, tanpa air atau sistem irigasi. Ini lebih baik untuk lingkungan, karena tidak menghabiskan cadangan air yang berharga di daerah yang kekurangan air, terutama selama musim kemarau.

Penanaman pendamping adalah ketika Anda menanam tanaman yang berbeda bersama-sama, yang saling melengkapi dan saling menguntungkan satu sama lain. Misalnya kacang-kacangan dan jagung. Kacang suka memanjat batang jagung yang tinggi, dan jagung menghargai nitrogen yang disediakan oleh kacang. Contoh lain adalah daun bawang dan selada, karena daun bawang mengusir serangga yang secara alami tertarik pada sayuran berdaun hijau. 

Metode pertumbuhan ini seringkali berarti kualitas tanaman bisa lebih tinggi, tetapi yang lebih penting metode ini mencegah kebutuhan akan pestisida, karena beberapa tanaman secara alami mengusir serangga yang memakan tanaman pendampingnya.

Tetapi, pada akhirnya Dr. Corva menyimpulkan, larangan total pada penanaman ganja skala besar adalah satu-satunya cara untuk mengatasi krisis lingkungan. Metode berbahaya yang digunakan secara massal menghancurkan tanah

Para ahli sepakat, penekanan yang lebih kuat pada kebijakan hijau dan potensi legalisasi yang terlihat, dapat membatasi kerusakan lingkungan secara signifikan.