Bagikan:

JAKARTA - Musim bunga sakura tahun ini berlangsung dalam waktu singkat. Bahkan, Tercatat sebagai salah satu siklus mekar paling awal yang tecatat. Terlihat biasa, namun ilmuwan menyebut anomali ini sebagai krisis iklim yang lebih besar. 

Yasuyuki Aono, seorang peneliti di Universitas Prefektur Osaka, telah mengumpulkan catatan dari Kyoto pada tahun 812 M dari dokumen sejarah dan buku harian. 

Di pusat kota Kyoto, bunga sakura mencapai puncaknya pada 26 Maret, paling awal dalam lebih dari 1.200 tahun, kata Aono. Dan di ibu kota Tokyo, bunga sakura mekar sempurna pada 22 Maret, tanggal paling awal kedua yang tercatat.

"Saat suhu global menghangat, musim semi yang membeku terjadi lebih awal dan pembungaan terjadi lebih cepat," kata Dr. Lewis Ziska dari Ilmu Kesehatan Lingkungan Universitas Columbia, melansir CNN.

Tanggal puncak mekar bergeser setiap tahun, tergantung pada banyak faktor termasuk cuaca dan curah hujan, tetapi telah menunjukkan tren umum bergerak lebih awal dan lebih awal. 

bunga sakura
Ilustrasi Bunga Sakura. (Bady Abbas/Unsplash)

Di Kyoto, tanggal puncak berkisar sekitar pertengahan April selama berabad-abad, menurut data Aono, tetapi mulai bergerak ke awal April selama tahun 1800-an. Tanggalnya hanya turun ke akhir Maret beberapa kali dalam sejarah yang tercatat.

"Sakura mekar sangat sensitif terhadap suhu. Pembungaan dan mekar penuh bisa lebih awal atau lambat tergantung suhu saja. Suhunya rendah pada tahun 1820-an, tetapi telah meningkat sekitar 3,5 derajat Celcius (6,3 derajat Fahrenheit) hingga hari ini," terang Aono.

Musim tahun ini secara khusus memengaruhi tanggal mekar, tambahnya. Musim dingin sangat dingin, tetapi musim semi datang dengan cepat dan luar biasa hangat.

Namun, perkembangan awal mereka hanyalah puncak gunung es dari fenomena dunia yang dapat mengganggu kestabilan sistem alam dan ekonomi negara, kata Amos Tai, asisten profesor ilmu bumi di Universitas China, Hong Kong.

Ada dua sumber panas yang meningkat, faktor utama yang membuat bunga mekar lebih awal, yakni urbanisasi dan perubahan iklim. 

bunga sakura
Ilustrasi. (@chasing_dusk/Unsplash)

Dengan meningkatnya urbanisasi, kota cenderung menjadi lebih hangat daripada daerah pedesaan di sekitarnya, yang disebut efek pulau panas. Tetapi, alasan yang lebih besar adalah perubahan iklim, yang telah menyebabkan kenaikan suhu di seluruh wilayah dan dunia.

Saling memengaruhi

Dan tanggal-tanggal awal ini bukan hanya masalah wisatawan yang berebut untuk mendapatkan puncak mekar sebelum semua kelopaknya jatuh. Itu bisa berdampak abadi pada seluruh ekosistem dan mengancam kelangsungan hidup banyak spesies.

"Tanaman dan serangga sangat bergantung satu sama lain, dan keduanya menggunakan isyarat lingkungan untuk mengatur waktu berbagai tahapan siklus hidup mereka," kata Tai. 

Misalnya, tanaman merasakan suhu di sekitar mereka dan jika cukup hangat untuk periode yang konsisten, mereka mulai berbunga dan daunnya mulai bermunculan. Demikian pula, serangga dan hewan lain bergantung pada suhu untuk siklus hidupnya, yang berarti panas yang lebih tinggi dapat menyebabkan pertumbuhan lebih cepat.

"Hubungan antara tumbuhan dan serangga dan organisme lain telah berkembang selama bertahun-tahun, ribuan hingga jutaan tahun. Namun pada abad terakhir, perubahan iklim benar-benar merusak segalanya dan mengganggu semua hubungan ini," papar Tai.

bunga sakura
Ilustrasi. (Simon Ma/Unsplash)

Tumbuhan dan serangga yang berbeda dapat merespon kenaikan panas pada kecepatan yang berbeda, sehingga siklus hidup mereka tidak sinkron. Jika mereka pernah menghitung waktu pertumbuhannya secara bersamaan setiap musim semi, sekarang bunga mungkin mekar sebelum serangga siap. 

Dan sebaliknya, artinya serangga mungkin tidak menemukan cukup makanan untuk dimakan dari tanaman, dan tanaman tidak memiliki cukup penyerbuk (untuk mereproduksi).

Selama dekade terakhir, beberapa populasi tumbuhan dan hewan telah mulai bergeser ke ketinggian yang lebih tinggi dan garis lintang yang lebih tinggi, untuk menghindari efek perubahan iklim, menurut sebuah studi tahun 2009 di Konservasi Biologi.

Tapi semakin sulit bagi ekosistem untuk beradaptasi, dengan perubahan iklim membuat cuaca semakin tidak terduga. Meskipun tren tanggal berbunga umumnya bergerak lebih awal, cuaca yang tidak terduga dan ekstrim berarti masih terdapat variabilitas yang sangat besar dari tahun ke tahun.

"Ekosistem tidak terbiasa dengan fluktuasi yang besar, itu menyebabkan mereka banyak stres. Produktivitas mungkin berkurang, dan ekosistem bahkan mungkin runtuh di masa depan," pungkas Thai.