Paleontolog Argentina Ungkap Temuan Fosil Berusia 80 Juta Tahun dengan Pendengaran Moderen
Ilustrasi. (Wikimedia Commons/Jon Parise)

JAKARTA - Ahli paleontologi di Argentina berhasil mengidentifikasi spesies dinosaurus yang sebelumnya tidak diketahui. Spesies yang disebut memiliki cakar besar, gigitan kuat dan indra yang tajam untuk berburu mangsa di Patagonia 80 juta tahun yang lalu.

Sisa-sisa fosil Llukalkan aliocranianus, demikian spesies tersebut dinamakan, termasuk kerangka otak yang terawetkan dan tidak dihancurkan dengan luar biasa dan digali di Formasi Bajo de la Carpa di Argentina.

Llukalkan berarti 'orang yang menyebabkan ketakutan' dalam bahasa asli Mapuche. Sementara aliocranianus adalah bahasa Latin untuk "tengkorak yang tidak biasa".

Bagian dari keluarga dinosaurus yang disebut abelisaurids, makhluk itu secara luas akan mirip dengan Tyrannosaurus rex, dengan lengan pendek dan gemuk. Tapi tengkorak yang sangat pendek dan dalam, yang sering memiliki jambul, gundukan dan tanduk, membedakannya.

Memiliki panjang sekitar 5 meter, Llukalkan Aliocranianus akan menjelajahi Patagonia dan daerah lain di anak benua selatan prasejarah Gondwana, termasuk Afrika, India, Antartika, Australia dan Amerika Selatan.

Ciri paling khasnya adalah sinus kecil berisi udara di zona telinga tengah. Ciri ini belum terlihat pada abelisaurid lain yang ditemukan sejauh ini, menurut penelitian yang diterbitkan Selasa di 'Journal of Vertebrate Paleontology'.

Artinya, Llukalkan mungkin mendengar secara berbeda, dan mungkin lebih baik, daripada abelisaurid lain, lebih mirip dengan pendengaran buaya zaman modern.

"Keunikan dinosaurus ini adalah ia memiliki rongga di area telinga yang tidak dimiliki abelisaurida lain, yang dapat memberikan spesies ini kapasitas pendengaran yang berbeda, mungkin rentang pendengaran yang lebih besar," jelas Federico Gianechini, paleontolog di Universitas Nasional San Luis, Argentina, mengatakan kepada CNN melalui email.

"Ini, bersama dengan indra penciumannya yang tajam, akan memiliki diberi kemampuan hebat sebagai predator untuk spesies ini," lanjut penulis utama studi ini.

Sisa-sisa fosil ditemukan pada 2015 secara tidak sengaja saat penggalian di tempat yang dikenal sebagai La Invernada, dekat Kota Rincón de los Sauces, di Provinsi Neuquén, kata Gianechini.

Mekanisme pendengaran unik dinosaurus menunjukkan bahwa abelisaurida berkembang biak tepat sebelum kepunahan dinosaurus 67 juta tahun yang lalu.

"Dinosaurus ini masih mencoba jalur evolusi baru dan dengan cepat melakukan diversifikasi sebelum mereka punah sepenuhnya," terang Ariel Mendez, salah satu penulis studi dan ahli paleontologi dari Institut Patagonian Geologi dan Paleontologi, Argentina dalam pernyataannya.

Tujuan utama penggalian ketika itu adalah untuk menemukan dinosaurus sauropoda (pemakan tumbuhan besar dan lamban) yang mereka temukan setahun sebelumnya. Tetapi, mereka melihat tulang menyembul di permukaan tanah beberapa hari sebelum menyelesaikan penggalian mereka.