Kudeta Bikin Perbankan Myanmar Terganggu, Penyedia Layanan Keuangan Informal Laris Manis
Antrian nasabah di bank milik rezim militer Myanmar. (Twitter/@IrrawaddyNews)

Bagikan:

JAKARTA - Kudeta yang dilakukan oleh militer Myanmar pada 1 Februari lalu memukul sektor perbankan Negeri Seribu Pagoda tersebut. Dengan bank yang menghentikan operasional, praktis layanan perbankan mengandalkan layanan mobile dan ATM. Jika ada bank yang buka, pelayanannya dibatasi dengan sistem token.

Akibatnya, masyarakat kesulitan mengakses tabungannya sendiri. Antrian layanan di bank cepat habis, sementara uang tunai di ATM juga cepat habis.

"Saya telah menunggu hampir setengah hari. Hanya ada sepuluh orang di depan saya ketika ATM kehabisan uang. Ini cukup membuat frustasi," kata seorang warga Yangon yang mencoba menarik gajinya untuk Bulan Maret melansir The Irrawaddy, Selasa 13 April.

Memanfaatkan hal ini, penyedia layanan keuangan informal bermunculan di seluruh Myanmar. Menawarkan jasa untuk mengakses tabungan mereka, layanan ini mengenakan tarik mulai dari 3 persen hingga 10 persen dari uang yang diambil.

"Sangat sulit untuk mendapatkan token dari bank dan saya hanya dapat mengambil 200.000 kyat sekaligus dari ATM. Jadi saya pergi ke salah satu penyedia layanan keuangan baru. Segera setelah saya mentransfer 10 juta dari mobile banking, mereka langsung membayar saya secara tunai. Tetapi saya harus membayar mereka 300.000 kyat sebagai biaya layanan," kata seorang pengusaha lokal.

bank myanmar
Antrian nasabah. (Twitter/@IrrawaddyNews)

“Bisnis telah lama terkendala kekurangan uang tunai. Sekarang banyak yang menggunakan penyedia jasa keuangan. Ini layanan informal, tapi kami tidak punya pilihan, ”kata pengusaha itu.

“Kami tidak perlu mengambil risiko mencari ATM dengan uang tunai atau mengantre untuk mendapatkan token. Begitu kami menelepon, penyedia layanan langsung datang ke rumah kami, ”tambahnya.

Pekan lalu, hampir belasan orang yang mengantri di ATM bank KBZ di Yangon ditangkap oleh aparat keamanan rezim militer Myanmar, tanpa diberi tahu alasannya.

“Untuk pebisnis, service fee tidak menjadi masalah. Tapi bagi orang biasa yang mencoba mengakses gaji mereka, biaya layanan adalah beban, ”kata seorang staf dari sebuah perusahaan periklanan.

“Saya hanya mendapat gaji 500.000 kyat sebulan. Penyedia layanan meminta saya untuk membayar biaya layanan 30.000 kyat. Saya tidak tahu apa yang akan terjadi besok, jadi saya tidak berani menyimpan uang saya di bank. Jadi saya tidak punya pilihan selain membayar mereka untuk mengakses gaji saya, ”katanya.

Sistem perbankan Myanmar telah lumpuh karena pendukung pro-demokrasi telah berhasil mendorong staf dari bank swasta negara tersebut untuk berpartisipasi dalam gerakan pembangkangan sipil sebagai protes atas kudeta militer 1 Februari. Sejak pertengahan Februari, bisnis mengalami kekurangan uang tunai karena cabang bank tutup, kecuali untuk mobile banking dan layanan ATM terbatas.

Segera setelah kudeta, banyak orang bergegas ke bank untuk menarik uang tunai mereka karena desas-desus menyebar bahwa sistem bank akan runtuh.

unju rasa
Unjuk rasa antikudeta militer Myanmar. (Twitter/@HsuChiKo1)

Bank sentral yang ditunjuk oleh rezim memperkenalkan aturan baru yang mengizinkan penarikan harian 500.000 kyat dari ATM dan langsung dari bank. Tetapi, sejak pertengahan Maret, nasabah di bank swasta hanya diperbolehkan menarik 200.000 hingga 300.000 kyat setiap hari dari ATM, sementara bank hanya membagikan 20 hingga 30 token per hari untuk penarikan langsung.

Supermarket atau pusat perbelanjaan juga tidak dapat menerima pembayaran dengan kartu lagi, menyusul penutupan internet seluler oleh junta pada Bulan Maret.

“Kami menggunakan internet seluler untuk sistem pembayaran elektronik. Jadi selama internet seluler terputus, kami tidak dapat menawarkan sistem pembayaran elektronik, "kata seorang manajer cabang dari salah satu mal retail dan grosir terbesar.

Tak hanya sekali, namun pengenaan biaya layanan ini bisa dua kali, jasa layanan ini digunakan untuk mentransfer uang. Saat mengirimkan uang, ada biaya yang dikenakan, saat menerima uang juga ada biaya yang dikenakan. Jika tidak, uang tidak bisa dicairkan.

Seorang agen dari Wave Money mengatakan bahwa pungutan ganda telah menjadi standar karena kekurangan uang telah berdampak pada masyarakat.

"Kami harus antre di depan bank begitu jam malam dicabut. Kami mengambil risiko karena pasukan keamanan mungkin menangkap kami. Orang menarik sekitar 10 juta kyat setiap hari. Terkadang, kami harus menghentikan layanan karena kami tidak memiliki cukup uang," ungkapnya.

Ilustrasi bank di Myanmar. (Wikimedia Commons/Marcin Konsek)

Tak hanya bagi masyarakat lokal, pengusaha asing juga kesulitan untuk menjangkau uang milik mereka, termasuk kesulitan untuk meninjau transaksi dari luar negeri. Saat ini, pelaku bisnis tidak diizinkan untuk mengetahui proses peninjauan, kata seorang investor Jepang dari Zona Ekonomi Khusus Thilawa Yangon.

“Sudah empat minggu sudah dan saya bahkan tidak tahu apa yang terjadi dengan transaksi yang datang dari luar negeri. Saya tidak yakin di mana uang saya. Sangat sulit menjalankan bisnis di sini sekarang. Kami tidak tahu berapa lama krisis ini akan berlangsung," keluhnya. 

Sistem perbankan Myanmar tetap menjadi salah satu yang paling ketinggalan zaman di Asia Tenggara, meskipun reformasi telah dimulai pada tahun 2011.

“Kudeta telah menghancurkan semua reformasi yang dilakukan selama dekade terakhir. Sekarang, sistem keuangan informal kembali booming di negara ini. Tidak diragukan lagi kami akan mundur, ”kata seorang ekonom yang tidak ingin disebutkan namanya.

Kudeta Myanmar. Redaksi VOI terus memantau situasi politik di salah satu negara anggota ASEAN itu. Korban dari warga sipil terus berjatuhan. Pembaca bisa mengikuti berita seputar kudeta militer Myanmar dengan mengetuk tautan ini.