Bangganya Siprus, Saat Keju Halloumi Diakui Uni Eropa
Menu olahan halloumi. (web3525/Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Siprus mendapat kabar baik pada Selasa 6 April, saat Uni Eropa mengakui keju halloumi yang berasal dari negara tersebut, sebagai produk unik atau berstatus penunjukan asal yang dilindungi (PDO).

Status ini akan menjamin, halloumi buatan Siprus atau yang dalam bahasa Turki dikenal dengan hellim, akan dipasarkan dengan kedua nama ini di luar negeri.

Presiden Siprus Nicos Anastasiades dalam akun Twitter-nya bangga dengan pencapaian ini. Menyebut halloumi sekarang memiliki 'perisai perlindungan', melansir DW.com.

"A milestone day for #Halloumi/#Hellim and our country. The EU has registered it as #PDO.  A shield of protection is now in place.  Significant prospects for increasing exports of our national product, to the benefit of all Cypriot producers, Greek and Turkish," tulisnya di Twitter.

halloumi
Menu olahan halloumi. (Katiklinski/Pixabay)

Kementerian Pertanian Siprus menyebut, status ini secara resmi akan diberikan pada akhir April ini dan mulai berlaku pada Oktober mendatang.

General Manager Petrou Bros George Petrou mengatakan, keputusan ini menegaskan kembali impian industri dan negara selama bertahun-tahun, terkait status halloumi. 

Dikatakannya, halloumi adalah Siprus, dengan catatan sejarah produksi yang panjang, sekitar awal tahun 1500.

"Sayangnya beberapa tahun belakangan ini banyak negara yang mencoba meniru kami sehingga pendaftarannya akan sangat membantu, bahwa negara lain tidak akan menghasilkan halloumi atau sejenisnya yang menyesatkan konsumen," tutur pria yang usahanya menguasai 25 persen ekspor produk olahan susu Siprus ini.

Data resmi menunjukan, halloumi kini menjadi komoditi ekspor berharga kedua di Siprus, setelah obat-obatan, dengan pertumbuhan antara 20 persen sampai 22 persen per tahun selama lima tahun terakhir.

halloumi
Halloumi panggang. (Wikimedia Commons/Kgbo)

Berkaca dari hal tersebut, Kementerian Pertanian Siprus saat ini mengarahkan pandangannya untuk menembus pasar China. Namun, ada kendala yang harus dihadapi untuk mengamankan status PDO yang sudah diraih.

Termasuk soal rasio komposisi susu kambing, susu domba dan susu sapi dalam resepnya. Hingga tahun 2024, rasionya akan ditetapkan dengan keputusan, dan setelah itu setidaknya 50 persen akan terdiri dari susu domba dan kambing, dan sisanya ditambah dengan susu sapi.

Meskipun resep untuk halloumi berlimpah secara online, bagi penduduk setempat, kenikmatan dalam bentuk keju serbaguna yang paling sederhana, dilemparkan ke dalam wajan atau di atas barbekyu, dimakan mentah dengan melon di musim panas, atau dipotong dadu dan dilemparkan hingga mendidih dengan trahana, gandum pecah dan sup yoghurt yang dimakan di musim dingin, lebih pas.

“Banyak turis datang ke sini untuk mencarinya. Beberapa hanya tahu namanya, jadi mereka datang untuk mencobanya. Dan dari apa yang saya lihat, mereka sangat menyukainya,” kata Evroulla Ioannou, yang menyajikan halloumi panggang di restorannya yang populer di Nicosia, ibu kota Siprus.