10 Daftar Makanan Timur Tengah yang Populer dan Wajib Dicoba
Ilustrasi makanan timur tengah yang populer dan wajib dicoba (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Selain samosa dan shawarma, banyak makanan khas negara-negara Timur Tengah yang memiliki rasa unik. Selain unik, juga terkenal dalam satu dekade terakhir. Apa saja makanan Timur Tengah yang populer dan wajib diicipi? Ini daftarnya.

1. Hummus dan roti pita

Tentu tak asing lagi saus berbahan utama buncis yang dihaluskan dan diberi rempah ini. Hummus, bisa menjadi saus untuk burger. Paling pas lagi, hummus disandingkan dengan roti pita hangat yang diolah secara tradisional. Biasanya, hummus yang dibumbui bawang putih lebih banyak akan memberikan sensasi rasa yang lebih nikmat.

2. Halloumi panggang

Halloumi sebenarnya semacam keju, bedanya berasal dari olahan susu kambing atau domba. Rasanya memang lebih kuat, tak seperti keju yang sedikit asam. Halloumi tidak memiliki rasa asam tetapi saat dipanggang tebal rasa smookey dan gurih. Jika Anda tak suka rasa yang menyengat, lebih baik diserut terlebih dahulu daripada dimakan utuh.

makanan timur tengah yang populer
Ilustrasi makanan Timur Tengah yang populer dan wajib dicoba (Shutterstock)

3. Fattoush

Fattoush adalah salad yang tajam dan dianggap sebagai kontribusi Timur Tengah terhadap budaya dunia. Melansir CNN, Jumat, 29 Maret, Fattoush terbuat dari campuran selada yang segar, roti pita dipotong kotak lalu digoreng renyah, tomat dipotong dadu, mentimun dan bombay cincang. Dressing campuran dari bawang putih, lemon, minyak zaitun, ditambah mint supaya menghadirkan kesegaran.

4. Umm ali

Umm ali disebut sebagai puding paling enak di Mesir. Terbuat dari campuran susu dan krim. Biasanya dimakan bersama croissant dengan campuran kismis, pistachio, vanilla, ditambah susu kental.

makanan timur tengah yang populer
Ilustrasi makanan Timur Tengah yang populer dan wajib dicoba (Shutterstock)

5. Shawarma

Dilihat dari cara menyusunnya, shawarma terlihat berantakan. Tetapi jangan salah, potongan daging ayam atau domba yang panggang dengan ditusuk, dicampur pure bawang putih dan salad lalu dibungkus dalam roti pita adalah camilan paling disukai di seluruh dunia.

makanan timur tengah yang populer
Ilustrasi makanan Timur Tengah yang populer dan wajib dicoba (Freepik/Stockking)

6. Shis tawook

Makanan ini populer di Lebanon, Suriah, Mesir, Irak, dan kawasan teluk. Biasanya shis tawook dihidangkan bersama kentang goreng dan roti pita. Bahannya berupa daging ayam yang ditusuk seperti sate dioles pasta bawang putih.

7. Kofta

Kofta sangat mudah ditemukan di Iran dan Pakistan. Berupa bola-bola daging domba atau sapi cincang yang dibumbui sehingga memendarkan rasa pedas. Kofta bisa dipanggang, tetapi paling enak disajikan bersama saus pedas yang khas.

8. Quwarmah Al Dajaj

Quwarman Al Dajaj adalah kari ayam khas Kuwait. Hidangan lezat ini dibuat dari campuran rempah Timur Tengah, termasuk baharat, jinten, lada hitam, kunyit, jahe, jeruk nipis, kayu manis, pala, dan paprika.

9. Mansaf

Bisa dibilang sebagai hidangan nasional Yordania, mansaf mirip seperti pizza dengan toping daging domba. Biasanya dihidangkan dalam makan besar di meja. Daging kambingnya diolah supaya empuk, lalu ditambahkan yoghurt, almond, dan kacang pinus.

10. Kebab karaz

Salah satu hidangan dari Suriah ini, dikenal sebagai kebab ceri. Sebab, daging yang dipakai dibumbui dengan ceri asam dan biji delima sehingga menghasilkan warna yang merah. Rasanya pun unik, campuran antara gurih, manis, dan asam.

Selain sepuluh makanan Timur Tengah yang populer disebutkan di atas, tentu Anda pernah mendengar baklava. Kue mentega penuh dengan kacang cincang bermandikan sirup manis dan madu ini, dibuat berdasarkan resep berasal dari kekaisaran Ottoman. Tertarik mencoba salah satu makanan di atas yang otentik?